Bhabinkamtibmas Selesaiakn Masalah Warganya Melalui Problem Solving

Sarolangun - Bhabinkamtibmas Polsek Pelawan Singkut Polres Sarolangun Aiptu Puji Purwanto bersama Kepala Desa, Kepala Dusun dan Tokoh Masyarakat melaksanakan mediasi kepada warga binaannya yang bermasalah melalui giat problem solving, Rabu (9/2/2022).

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Bhabinkamtibmas bersama Kepala Desa mempertemukan kedua belah pihak untuk dilakukan mediasi serta pemahaman tentang hukum. Mediasi perselisihan warga antara Bapak Sunardi dan Bapak Aldi yang mana Bapak Aldi diduga mencuri getah karet milik Pak Sunardi.

Menyikapi hal tersebut akhirnya Bhabinkamtibmas bersama aparat setempat mempertemukan kedua belah pihak dan menyampaikan nasehat agama dan nasehat hukum serta himbauan kamtibmas tentang pentingnya hidup rukun dan damai serta toleransi.

Dengan adanya kegiatan problem solving ini, permasalahan tersebut bisa di mediasi dan di selesaikan secara musyawarah bersama antara kedua belah pihak dan berakhir dengan penanda tanganan surat pernyataan antara kedua belah pihak yang berjanji untuk berdamai dan tidak saling dendam atas kejadian tersebut.

Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, S.IK mengapresiasi tindakan yang sudah diambil oleh Bhabinkamtibmas sehingga permasalahan warganya dapat dimediasi dengan cara damai dan kekeluargaan, sehingga tidak menimbulkan keributan ataupun main hakim sendiri.

“Tindakan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas tersebut sangat bagus karena dengan demikian masyarakat merasakan tugas Polri yang bisa mengayomi dan melayani masyarakat yang sedang mengalami permasalahan. " Ujar Mantan Kapolres Dharmasraya ini.

" Adapun kasus yang bisa dilakukan mediasi dengan cara problem solving ini khusus kasus kasus ringan saja, Problem solving ini juga bertujuan agar permasalahan warga tidak meluas, sehingga dapat menimbulkan konflik sosial”, ujar AKBP Anggn Cahyono, S.IK. (HPS)

 

Administrator
2908 175
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi