Kapolres Merangin Instruksikan Pencegahan Karhutla Menyusul Peringatan Hot Spot dari Satelit Aqua

Merangin – Jambi. Kapolres Merangin, AKBP Ruri Roberto, S.H., S.I.K., M.M., M.Tr.S.O.U, telah langsung menginstruksikan kepada setiap Polsek jajaran untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah masing-masing. Hal ini dilakukan menyusul pemberitahuan dari Satelit Aqua tentang munculnya hot spot di wilayah hukum Polres Merangin.

"Memasuki musim kemarau saat ini, kami sudah menyampaikan telegram ke Polsek jajaran untuk melakukan upaya-upaya pencegahan karhutla. Selain itu, saya juga perintahkan anggota Unit Tipidter Sat Reskrim untuk melakukan penyelidikan terkait karhutla," ujar Kapolres pada Sabtu (27/07/2024).

Menindaklanjuti perintah Kapolres Merangin terkait pemunculan hot spot di wilayah hukum Polres Merangin, Unit Tipidter yang dipimpin IPDA Boby Noviandry, S.H., beserta anggota unit Reskrim Polsek Pamenang pada Minggu (28/07/2024) sekitar pukul 14.00 WIB langsung mendatangi TKP pemunculan hot spot pada Koordinat - S -2.038573, - E 102.412402, tepatnya di Desa Limbur, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin untuk melakukan olah TKP.

Dalam kegiatan olah TKP, Unit Tipidter langsung melakukan pemasangan police line di lahan yang terbakar. Selain itu, Unit Tipidter juga melakukan pendataan terhadap pemilik lahan serta para saksi untuk menentukan apakah lahan tersebut sengaja dibakar atau ada faktor lain guna menentukan proses selanjutnya.

Kasubsi Penmas Polres Merangin, AIPTU Ruly S.Sy., M.H., saat ditemui awak media menjelaskan bahwa memasuki musim kemarau saat ini, Polres Merangin beserta Polsek jajaran telah memberikan himbauan kepada masyarakat terkait bahaya karhutla serta sanksi hukum bagi pelaku karhutla. Hal tersebut dilakukan agar peristiwa kabut asap yang pernah terjadi di Provinsi Jambi tidak terulang kembali.

“Ya, kita bersama-sama dengan stakeholder yang ada sudah berupaya untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi karhutla khususnya di wilayah hukum Polres Merangin. Himbauan serta sosialisasi baik secara langsung maupun melalui media sosial secara berkelanjutan tetap kita lakukan,” sebut Ruly.

Lebih lanjut, Ruly menjelaskan bahwa dalam penanganan karhutla mesti ada kerjasama yang baik dari semua komponen dan seluruh lapisan masyarakat agar Merangin bebas dari karhutla.

“Mari kita secara bersama-sama menjaga lingkungan, menjaga kesehatan dan kenyamanan, karena dampak yang ditimbulkan karhutla ini berpengaruh pada banyak sendi kehidupan. Selain itu, Polres Merangin juga berkomitmen untuk menindak tegas pelaku yang dengan sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan,” tutup Ruly.

 
 
4o
 
 
 
 
 
 
Administrator
429 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi