Polda Jambi Gelar Upacara Pemuliaan Nilai-Nilai Tribrata untuk Peringati Hari Bhayangkara ke-78

Jambi - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menggelar upacara pemuliaan nilai-nilai Tribrata dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024. Acara ini berlangsung di Lobby Gedung Utama Mapolda Jambi pada Rabu (19/6). Upacara ini merupakan tradisi yang wajib dilaksanakan, di mana panji-panji Polri dicuci sebagai simbol untuk mensucikan dan membersihkan diri.

Pencucian pataka menjadi pedoman dan semangat bagi setiap insan Polri untuk tetap memegang teguh kebenaran, melaksanakan tugas pokok melindungi, mengayomi, melayani, serta menegakkan hukum dan mewujudkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Wakapolda Jambi Brigjen Pol. Edi Mardianto. Upacara ini juga dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Jambi serta Purnawirawan Polri seperti Irjen Pol. (Purn) H. Bambang Suparsono dan Kombes Pol (Purn) Lukman Jafri.

Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu Mars Polri, dilanjutkan dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara, laporan perwira yang ditunjuk, dan penghormatan kepada Pataka Polda Jambi Siginjai Sakti Wirabakti. Setelah penghormatan, Pataka Polda Jambi Siginjai Sakti Wirabakti ditempatkan untuk dilakukan pencucian oleh Inspektur Upacara.

Wakapolda Jambi melalui Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol. Mulia Prianto menjelaskan bahwa tradisi pencucian Pataka ini memiliki makna untuk memurnikan kembali internalisasi nilai-nilai luhur yang tertuang dalam Tribrata. “Ini merupakan rangkaian pembinaan tradisi Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78,” jelas Kombes Pol. Mulia Prianto, yang juga merupakan mantan Kapolres Batang Hari.

Dengan kegiatan ini, diharapkan semangat Tribrata dapat terus dijaga dan diinternalisasikan oleh seluruh anggota Polri dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya kepada masyarakat.

 
 
4o
Administrator
91 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi