Polresta Jambi Gelar Kegiatan Strong Poin untuk Antisipasi Gangguan Kamtibmas

POLRESTA JAMBI - Pada Senin, 20 Mei 2024, sekitar pukul 22.00 WIB hingga selesai, Polresta Jambi melaksanakan kegiatan Strong Poin yang diawali dengan apel kesiapan. Apel ini dipimpin oleh Wakapolresta Jambi, AKBP Ruli Andi Yunianto, S.I.K. Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polresta Jambi yang disebabkan oleh pemuda atau remaja yang berkumpul atau nongkrong pada jam tengah malam maupun dini hari.

Dalam arahannya, AKBP Ruli Andi Yunianto, S.I.K., menyampaikan terima kasih kepada anggota yang telah melaksanakan kegiatan Strong Poin pada malam itu. Ia menekankan pentingnya menjaga keselamatan pribadi maupun rekan saat bertugas. Pelaksanaan tugas harus dilakukan secara humanis dan sesuai dengan prosedur kepolisian yang profesional, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan saat memberikan himbauan maupun melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat atau pemuda yang dicurigai.

Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dan Strong Poin ini dilaksanakan untuk mengantisipasi para pemuda dan remaja yang sering berkumpul di suatu tempat yang sering menjadi penyebab keributan atau tawuran antar kelompok pemuda atau geng motor. Aktivitas ini sering mengganggu ketertiban masyarakat, terutama melalui balapan liar, tindak kriminal 3C (Curat, Curas, dan Curamor), serta gangguan Kamtibmas lainnya di wilayah hukum Polresta Jambi. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kelancaran dan kenyamanan bagi pengguna jalan dan masyarakat sekitar, agar terhindar dari tindak pidana maupun kecelakaan lalu lintas.

Selama kegiatan, para anggota memberikan himbauan, edukasi, dan pemahaman mengenai sanksi hukum kepada para pemuda dan masyarakat yang ditemui. Tujuannya agar mereka menyadari bahaya kenakalan remaja, terutama keterlibatan dalam geng motor yang dapat berdampak buruk bagi masa depan mereka dan keluarga.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri, khususnya anggota Polresta Jambi sebagai pengemban fungsi Harkamtibmas di wilayah hukum Polresta Jambi. Kehadiran rutin patroli dan kegiatan Strong Poin di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat mempererat silaturahmi antara Polri dan masyarakat, serta mencegah hal-hal negatif yang dapat mengganggu Kamtibmas di Kota Jambi.

Wakapolresta Jambi, AKBP Ruli Andi Yunianto, S.I.K., juga menghimbau agar masyarakat tetap menjaga keamanan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari dan mengantisipasi gangguan di lingkungan tempat tinggal. Ia mengajak masyarakat untuk mengaktifkan kembali Pam swakarsa seperti Pos Kamling, guna menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif.

 
Administrator
182 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi