Wakapolda Jambi Hadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2024 di Lapangan Kantor Gubernur

Tribratanews Jambi - Wakapolda Jambi Brigjen Pol Edi Mardiyanto menghadiri Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024 di Lapangan Kantor Gubernur Jambi pada Senin (20/05/24).

Di peringatannya yang ke-116, Harkitnas 2024 membawakan tema "Kebangkitan untuk Indonesia Emas".

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Jambi Al Haris dan diikuti oleh Wakapolda Jambi Brigjen Pol Edi Mardiyanto, Sekda Provinsi Jambi H. Sudirman, Dandim 0415/Jambi Letkol. Inf. Yoga Cahya Prasetya, serta unsur Forkopimda lainnya.

Gubernur Jambi yang membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI menyampaikan bahwa Hari-hari ini kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut-serta, tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia. 

"Hari-hari ini hingga dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah kita dalam mewujudkan itu semua," ujarnya.

Refleksi atas pilihan tersebut bisa kita rujuk dengan "berkunjung kembali" kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. Bagaimana sejarah telah membentuk kebangsaan kita. Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya. Juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata. Tetapi pada percakapan terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan. Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun dapat dikaitkan dengan masa depan, yaitu pada ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban.

Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan. Dari sana timbul pula pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda.

"Apa yang telah dirintis Boedi Otomo dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan," ucap Gubernur Jambi.

Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner.(LAST)

Administrator
124 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi