Masyarakat Nilai Puas dengan Mudik Lebaran Hasil Sinergitas dalam Operasi Ketupat

Jakarta - Penyelenggaraan mudik Lebaran 2024 dinilai memuaskan. Hal itu berdasarkan hasil jajak pendapat oleh Indikator Politik Indonesia.

Dari hasil survei yang dilakukan kepada 1.227 responden, mayoritas, 73,9% merasa puas dengan mudik tahun ini. Bahkan dari mereka yang melaksanakan mudik, tingkat kepuasannya meningkat 90,4% dibandingkan dengan tahun lalu yakni 82,60 persen.

Hal yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap mudik yakni terkait dengan layanan angkutan umum, kondisi jalan, pengaturan lalulintas dan ketersediaan bahan bakar. Warga paling banyak merasa puas dengan kondisi pengaturan lalulintas yakni 78,9%, kemudian ketersediaan bahan bakar 75,4% dan kondisi jalan 70,3%.

Kendati jumlah pemudik pada tahun ini meningkat sebanyak 50% yakni sebanyak 193 juta jiwa dibandingkan tahun lalu yaitu 120 juta jiwa, namun masyarakat puas dengan penyelenggaraan mudik yang dilakukan pemerintah.

Selain itu, masyarakat juga setuju dengan kebijakan polisi dalam rekayasa lalulintas. Para responden merasakan dampak positif dari adanya Contraflow dan juga one way dalam mengurai kemacetan demi kelancaran para pemudik.

Pencapaian kepuasan masyarakat yang meningkat, berkat kesiapan Polri, TNI, kementerian dan lembaga yang disertai perencanaan yang matang dalam Operasi Ketupat 2024. Selain itu juga, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Menkopolhukam, Menko PMK dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus melakukan pengecekan ke terminal, stasiun kereta, pelabuhan dan juga bandara serta memantau langsung melalui helikopter.

Sinergitas yang solid antara Polri-TNI dan kementrian lembaga menjadi kunci suksesnya dalam Operasi Ketupat 2024 dalam mewujudkan Mudik Ceria dan Penuh Makna. Kesusksesan mudik lebaran tak lepas dari semua pihak yang telah bekerja keras di lapangan selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan bahwa jumlah pemudik tahun ini meningkat. Tentunya, kata orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu, sinergisitas merupakan kunci kelancaran mudik Lebaran. Dirinya berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja secara optimal.

"Kami berterima kasih kepada seluruh petugas di lapangan dan rekan-rekan media yang telah bekerja keras. Saya juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung dalam mewujudkan arus balik dapat berjalan aman, nyaman dan lancar," kata Kapolri.

Administrator
133 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi