Polres Bungo Menggelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Siginjai T.A 2024: Aksi Keselamatan Jalan Diluncurkan

BUNGO-Pada Senin (4/3/2024), Polres Bungo menggelar Apel Pasukan Operasi Keselamatan Siginjai Tahun Anggaran 2024 serta meluncurkan aksi keselamatan jalan di lapangan apel Mapolres Bungo Polda Jambi. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 07.00 WIB dan berakhir setelah selesai.

Acara dipimpin oleh Kapolres Bungo yang diwakili oleh Waka Polres Bungo, KOMPOL Roslinda, RM. S.Pd. Perwira upacara adalah Kasat Lantas IPTU Steffan Th Lumowa, S.Tr.K,S.I.K dan Komandan Upacara Kanit Turjagwali IPTU M.Mustari, S.H. Hadir dalam kegiatan tersebut pejabat utama Polres Bungo, perwakilan Dinas Perhubungan, Kepala Jasa Raharja, Kapolsek, dan personil Polres Bungo.

Pasukan Apel terdiri dari petugas gabungan dari anggota Polres Bungo, Prajurit TNI Kodim 0416/Bute, Subdenpom Bungo, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Damkar Kabupaten Bungo.

Tema Operasi Keselamatan Siginjai tahun 2024 adalah “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju”. Waka Polres Bungo membacakan amanat Kapolda Jambi yang menyatakan bahwa operasi keselamatan tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polri.

Operasi Keselamatan Siginjai 2024 ini merupakan Operasi Cipta Kondisi Kamseltibcar Lintas yang kondusif saat menyambut bulan Suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024. Operasi ini berfokus pada kegiatan preemtif dan preventif serta teguran menjelang pelaksanaan Operasi Ketupat 2024.

Adapun 8 prioritas sasaran penindakan pelanggaran lalu lintas yang menjadi atensi pada pelaksanaan Operasi Keselamatan Siginjai Tahun 2024 Polda Jambi adalah:

  1. Pelanggaran penggunaan ponsel saat berkendara.
  2. Sepeda motor berboncengan lebih dari satu.
  3. Pengendara melawan arus.
  4. Melebihi batas kecepatan.
  5. Kendaraan over dimension dan over loading (ODOL).
  6. Kendaraan yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan spek.
  7. Kendaraan yang menggunakan lampu isyarat (strobo) dan isyarat bunyi (sirine).
  8. Kendaraan yang menggunakan plat nomor khusus/rahasia.

Operasi Keselamatan Siginjai 2024 ini dilaksanakan selama 14 hari dari tanggal 04 hingga 17 Maret 2024. Melibatkan personel dari Polres Bungo dengan dukungan dari perkuatan personel TNI, Dishub, serta instansi terkait lainnya.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya Operasi Keselamatan Lalu Lintas ini dapat meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan pelanggaran serta fatalitas laka lantas,” tutur Wakapolres Bungo.

Administrator
342 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi