Tahap Masa Pengamanan Kampanye di Bungo, Kapolres : Semua Sudah Sesuai SOP

Muara Bungo – Personil Polres Bungo yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 pada hari ini sudah mulai laksanakan pengamanan kegiatan kampanye peserta pemilu tahun 2024 yang ada di Wilayah hukum Polres Bungo.

Hal ini diungkapkan Kapolres Bungo, Akbp Wahyu Bram melalui Kasi Humas Polres Bungo, Akp M.Nur

“Ya, kita sudah siapkan personel untuk melakukan pengamanan kampanye yang ada di Bungo,” ujar Akp M.Nur, Selasa (5/12/2023).

Ditambahkan Akp M.Nur, Seluruh personel yang melaksanakan pengamanan kampanye dipesankan untuk bersikap humanis dan memberikan rasa aman kepada peserta Pemilu dan masyarakat yang hadir dalam acara maupun hajatan kampanye nantinya.

“Kita menyiapkan pengamanan terbuka dan pengamanan tertutup dalam pengamanan ini sesuai SOP yang ada di Polri,” jelas Akp M.Nur.

Dia menambahkan, tujuan dilaksanakannya pengamanan dari kepolisian saat kampanye melibatkan beberapa aspek, untuk memastikan keamanan dan ketertiban umum, Kepolisian bertugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kampanye agar proses politik berlangsung dengan damai dan tidak terganggu oleh tindakan kekerasan atau ancaman.

“Kegiatan pengamanan ini juga untuk mencegah terjadinya Kriminalitas, seperti penipuan pemilihan, intimidasi, atau gangguan terhadap peserta kampanye, Polisi berperan dalam melindungi hak setiap warga negara untuk berpartisipasi dalam proses demokratis tanpa adanya ancaman atau tekanan yang tidak sah,” terang Akp nur.

Selain itu tujuan pengamanan juga untuk menanggulangi Potensi Konflik, Dengan kehadiran Polisi, potensi konflik antar pendukung partai politik atau kelompok dapat diminimalkan, mencegah eskalasi kekerasan, selain itu Kepolisian juga bertugas menegakkan hukum terkait pelanggaran aturan kampanye dan tindakan ilegal lainnya yang dapat mengganggu integritas proses politik.

“Dan tujuan pengamanan juga untuk memberikan rasa aman, kehadiran Polisi menciptakan lingkungan yang aman bagi peserta kampanye, calon, dan pemilih sehingga mereka dapat berpartisipasi tanpa takut akan keamanan pribadi mereka,”ucap Akp M.Nur.

Selanjutnya Kasi Humas menambahkan pengamanan kampanye yang dilaksanakan juga akan kordinasi Bawaslu, KPU dan LO Partai Politik

Administrator
135 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi