Kapolresta hadiri Apel Kesiapsiagaan bencana banjir Kota Jambi di Mako Damkartan Kota Jambi

Tribratanewsjambi - Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi menghadiri Apel Kesiapsiagaan bencana banjir Kota Jambi dalam rangka antisipasi penanggulangan Bencana Alam di wilayah Kota Jambi yang berlangsung di di Mako Damkartan Kota Jambi, pada Sabtu (13/1/24).

Sebagai Pembina Apel Kesiapsiagaan bencana banjir Kota Jambi ini adalah Pj. Walikota Jambi Ibu Sri Purwaningsih, serta dihadiri unsur Forkompimda Kota jambi, TNI, Polri, Polairud, Basarnas, Bpbd Provinsi, BMKG, OPD, Camat, Lurah dan Relawan Bencana.

Pj Walikota Jambi Ibu Sri Purwaningsih dalam sambutannya menyampaikan bahwa Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Pendangkalan danau dan sungai serta masih terdapatnya kebiasaan masyarakat yang buang sampah sembarangan seperti di sungai, danau dan drainase menjadi masalah utama terjadinya banjir di Kota Jambi, banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami.

" Kita ketahui bahwa Intensitas hujan yang terus meningkat khususnya di wilayah Kota Jambi, kita sudah seharusnya bersiaga penuh dalam menghadapi segala kemungkinan yang ada, beberapa wilayah Kota Jambi merupakan dataran rendah dan kerentanan terjadinya berbagai jenis ancaman serta memiliki potensi bencana khususnya banjir sangat tinggi.

Pagi ini sengaja saya kumpulkan kita semua disini sebagai antisipasi, terhadap kemungkinan terjadinya bencana banjir dan bencana lainnya menghadapi musim penghujan yang terus melanda Kota Jambi," ungkapnya.

"Tentu kita berharap tidak terjadi bencana alam seperti banjir ini, namun apabila bencana itu terjadi, kita sudah memiliki kesiapan yang memadai untuk menghadapinya. Saya ingin kita bersama-sama untuk siaga terhadap bencana banjir ini," tambahnya.

Pj Walikota Jambi Ibu Sri Purwaningsih kemudian meminta kepada Seluruh perangkat daerah Kota Jambi untuk pro aktif mendukung kesiapsiagaan bencana banjir ini. 

"Koordinasikan secara cepat, cermat dan terukur, saya tidak ingin adanya korban jiwa yang jatuh akibat bencana banjir ini. Kurangnya antisipasi dan kesiapan warga, serta lambannya penanganan bencana sebagai akibat keterbatasan personil maupun peralatan menjadi kendala tersendiri, hal tersebut jangan sampai terjadi," tutupnya.

Acara selanjutnya adalah penyerahan bantuan korban bencana kebakaran oleh Pj. Walikota Jambi yang disaksikan oleh Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi. (LAS)

Administrator
254 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi