Polisi Selesaikan permasalahan kenakalan remaja terhadap anak sekolah yang berkelahi di sekolah dengan cara problem solving

Sebagai ujung tombak Kepolisian di kewilayahan, peran Bhabinkamtibmas dan Polisi Desa (Poldes) tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat kewajibannya harus selalu hadir di tengah masyarakat binaannya dan selalu membantu menyelesaikan/ memecahkan permasalahan (problem solving) yang dialami oleh warga binaannya.

Seperti yang dilakukan Polisi Desa (Poldes) Desa Benik, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci Briptu Alvera Putra, yang berhasil menyelesaikan permasalahan kenakalan remaja terhadap anak sekolah yang berkelahi di lingkungan sekolah dengan cara problem solving, Jumat (20/10/2023).

Dalam penyelesaian masalah tersebut, Poldes Briptu Alvera Putra bersama dengan Babinsa serta perwakilan sekolah mengadakan rembuk terhadap anak/ murid yang berselisih paham dengan temannya.

"Masalah ini disepakati diselesaikan dengan cara musyawarah antara guru dengan kedua murid yang berselisih paham," kata Briptu Alvera Putra.

Menurutnya, dalam musyawarah itu, pihak pertama mengakui kesalahan atas pemukulan kepada temannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya baik kepada temannya maupun kepada orang lain.

Di sela-sela penyelesaian masalah, Briptu Alvera Putra memberikan nasehat dan imbauan Kamtibmas baik kepada pihak sekolah dan murid tentang pentingnya mengantisipasi terkait maraknya aksi kenakalan remaja.

"Tentu saja kenakalan remaja merugikan si anak tersebut dan keluarga. Kami juga mengajak untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan maupun di sekolah," ucapnya.

Poldes Briptu Alvera Putra juga berharap dengan problem solving, permasalahan yang dialami oleh masyarakat binaannya dapat diselesaikan dengan musyawarah sehingga tidak sampai ke ranah hukum.(ind)

Administrator
328 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi