personel dari Polsek KSKP melaksanakan pengamanan di Pelabuhan Kuala Tungkal.

Tungkal - Rabu, tanggal 11 Oktober 2023, personel dari Polsek KSKP melaksanakan pengamanan di Pelabuhan Kuala Tungkal. Kegiatan ini bertujuan untuk mengawasi dan memastikan keamanan kapal penumpang yang beroperasi di pelabuhan tersebut.

Kapolsek KSKP, Iptu Vicky, menjelaskan bahwa pelaksanaan pengamanan dan pengawasan ini dilakukan di sekitar pelabuhan dengan tujuan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan kapal penumpang. Selain itu, tindakan ini juga merupakan langkah antisipasi terhadap potensi tindak kejahatan, pelanggaran, dan tindak pidana yang mungkin terjadi di sekitar pelabuhan. Upaya ini dilakukan dalam rangka mendukung kondisi harkamtibmas (ketertiban dan keamanan) di wilayah tersebut.

Vicky juga menekankan pentingnya pemakaian masker (mematuhi protokol kesehatan) kepada masyarakat yang berada di pelabuhan, penumpang kapal, dan pengguna speed boat. Hal ini merupakan langkah untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran COVID-19.

Selain itu, kasat memberikan himbauan kepada Nahkoda (kapten kapal) dan ABK (anak buah kapal) yang akan melakukan kegiatan bongkar muat atau pelayaran. Mereka diminta untuk selalu memperhatikan keselamatan pelayaran, dengan prioritas utama adalah keselamatan penumpang. Hal ini termasuk kelengkapan life jacket pada setiap armada speed boat dan perlengkapan keselamatan lainnya. Dalam situasi darurat atau jika terjadi tindak kejahatan, disarankan untuk segera melaporkannya kepada kepolisian terdekat atau menghubungi nomor Polisi Bantuan.

Vicky juga mengingatkan agen pelayaran, Nahkoda kapal, dan pengguna speed boat untuk tidak memuat penumpang melebihi kapasitas yang aman sesuai dengan kursi atau bangku yang telah disediakan pada setiap armada dan kapal barang. Over kapasitas dapat sangat membahayakan keselamatan orang dan barang bawaan.

Selama pelaksanaan pengamanan tersebut, tidak ditemukan indikasi yang mengarah kepada tindak pidana, memberikan kepastian bahwa kegiatan berjalan dengan aman dan terkendali.

Administrator
340 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi