Kebakaran Melanda Taman Hutan Rakyat (Tahura) Pal 10 Sridadi, Upaya Pemadaman Terus Dilakukan

Batanghari, 10 Oktober 2023 - Taman Hutan Rakyat (Tahura) Pal 10 Sridadi, yang terletak di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, mengalami kebakaran yang mengkhawatirkan. Hingga sore menjelang malam kemarin, petugas gabungan dari TNI, Polri, Manggala Agni, dan masyarakat setempat masih berupaya melakukan pemadaman.

Kapolres Batanghari, AKBP Bambang Purwanto, SIK, melalui Kasat Samapta, AKP Sujud, SH, MH, yang turut mengerahkan personilnya untuk membantu upaya pemadaman, membenarkan kejadian kebakaran di Tahura Pal 10 Sridadi. Informasi yang diterima menyebutkan bahwa kebakaran ini telah terjadi sejak Jumat sore (06/10/2023).

AKP Sujud menjelaskan, "Saya mendapat informasi pada hari Jumat sore." Hingga sore menjelang malam kemarin, petugas gabungan dari BPBD Batanghari, TNI, dan Polri masih terus melakukan proses pemadaman dan pendinginan untuk mencegah api muncul kembali dan merambah ke area lain.

Kebakaran ini juga direkam oleh kamera warga dan tersebar luas di media sosial. Kasat Samapta AKP Sujud mengaku belum menerima informasi detail mengenai penyebab kebakaran karena petugas masih fokus pada upaya pemadaman dan pendinginan. Namun, ia menyampaikan bahwa informasi terakhir yang diterimanya adalah api sudah berhasil diredam dan hanya meninggalkan asap.

"Hingga saat ini, kami masih berusaha memadamkan api dan memantau kondisinya. Informasi terbaru menyebutkan bahwa api sudah kecil dan hanya menyisakan asap-asap sedikit," ujarnya.

Terkait penyebab pasti kebakaran, AKP Sujud mengakui bahwa pihaknya belum memiliki laporan yang mendetail. Belum dapat dipastikan apakah faktor alam atau tindakan sengaja yang menjadi penyebabnya.

"Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran. Namun, dugaan sementara adalah karena saat ini sedang musim kemarau dan beberapa wilayah telah mengalami kekeringan. Oleh karena itu, gesekan kecil saja dapat memicu terjadinya kebakaran," jelasnya.

Hingga pagi ini, luas lahan yang terbakar di lokasi sejak Jumat sore hingga kemarin diperkirakan mencapai lebih kurang 1000 hektare. Lokasi kebakaran tersebar di beberapa titik, mulai dari Desa Mekar Sari Kecamatan Bajubang hingga ke Pal 10 dan 14 Senami Sridadi.

"Dari laporan sementara, luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai kurang lebih 1000 hektare. Ini melibatkan sejumlah desa, seperti Desa Mekar Sari Bajubang, Pal 10, dan 14 Senami Sridadi. Saat ini, situasi api sudah terkendali, dan yang tersisa adalah asap," ungkapnya.

Administrator
295 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi