Polsek KSKP Kawal Keberangkatan Kapal Penumpang di Pelabuhan Kuala Tungkal

Kuala Tungkal, 10 Oktober 2023 - Pada Hari Selasa tanggal 10 Oktober 2023, personel Polsek KSKP melaksanakan pengamanan terhadap keberangkatan kapal penumpang di Pelabuhan Kuala Tungkal. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan kapal, sekaligus mengantisipasi potensi tindak kejahatan atau pelanggaran hukum yang mungkin terjadi.

Kapolsek KSKP, Iptu Vicky, menjelaskan bahwa pelaksanaan pengamanan ini mencakup pengecekan dan pemantauan aktivitas di sekitar pelabuhan. Hal ini bertujuan utama untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama kegiatan berpergian, serta memastikan agar semua mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker (patuhi prokes).

Selain memberikan himbauan kepada masyarakat pelabuhan dan penumpang kapal, Kasat Polsek juga memberikan himbauan kepada nahkoda kapal dan awak kapal yang akan berlayar. Mereka diingatkan untuk selalu memprioritaskan keselamatan berlayar, terutama keselamatan penumpang. Setiap armada speed boat diharapkan dilengkapi dengan peralatan keselamatan, termasuk life jacket, dan perlengkapan berlayar lainnya.

Dalam situasi apapun, masyarakat dan awak kapal diimbau untuk segera melaporkan kejadian atau tindak kejahatan kepada kepolisian terdekat atau menghubungi Nomor Polisi Bantuan dalam situasi darurat.

Kapolsek juga menekankan pentingnya agar agen pelayaran dan nahkoda kapal serta speed boat tidak memuat penumpang melebihi kapasitas muatan kursi atau bangku yang telah disediakan pada setiap armada. Over kapasitas dapat membahayakan keselamatan penumpang dan barang bawaan.

Selama pelaksanaan pengamanan ini, tidak ditemukan indikasi adanya tindak pidana atau pelanggaran hukum yang mengarah kepada pelanggaran. Upaya pengamanan tersebut dilakukan untuk memastikan keberangkatan kapal penumpang berlangsung dengan aman dan tertib serta menjaga keselamatan semua pihak yang terlibat.

Administrator
267 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi