Polresta Jambi Menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke - 78 TNI Di Makorem 042/Gapu

POLRESTA JAMBI - Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi SIK MH menghadiri upacara memperingati hari jadi TNI ke 78 di Makorem 042/Gapu (05/10). HUT TNI Ke-78 bertemakan TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju. Turut menghadiri upacara Gubernur Jambi, Kapolda Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kabinda Jambi, Kepala BNNP Jambi, Kapolresta Jambi, Para Dandim, para PJU KOREM 042/Gapu, para PJU Polda Jambi, Para Persit Candra Kirana dan para tamu undangan
Danrem 042/Gapu selaku Inspektur Upacara menyampaikan amanat Panglima TNI “Dirgahayu TNI Ke 78, TNI Kusuma, TNI Angkatan Darat lebih khusus lagi adalah jajaran Korem 042/Gapu di wilayah Provinsi Jambi, kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Gubernur Provinsi Jambi atas segala bimbingan dan kerjasama selama ini dengan seluruh lembaganya, juga kepada Kapolda Jambi atas segala kerjasama dan sinergitas dan seluruh komponen masyarakat serta unsur-unsur yang berada di wilayah baik secara kelembagaan maupun komponen masyarakat, sehingga TNI sampai saat ini khususnya TNI Angkatan Darat di wilayah Korem 042 garuda putih senantiasa dapat memberikan peran positif untuk memajukan dan bersama-sama membangun di Provinsi Jambi ini.
Peringatan hari ulang tahun ke-78 tentara Nasional Indonesia, pada tanggal 5 Oktober 2023 ke-78. Tentara Nasional Indonesia dalam keadaan sehat walafiat TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir negara kesatuan Republik Indonesia. Selama 78 tahun berbagai ancaman gangguan hambatan dan tantangan terhadap kedaulatan negara keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi loyalitas dan profesional yang telah ditunjukkan selama ini terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih TNI. Kita tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidak ringan, setelah pandemi covid 19 mereda, dunia saat ini sedang berusaha memulihkan diri dari penyimpangan krisis energi dan krisis finansial, politik dan ekonomi.
Juga dipenuhi dengan ketidakpastian akibat konflik dan krisis di berbagai belahan dunia di lingkungan di lingkup nasional, beragam potensi ancaman juga semakin kompleks untuk itu momentum ulang tahun ke-78 TNI harus kita jadikan sebagai bahan introfeksi diri untuk berbenah dan mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh. Para peserta upacara yang saya hormati peringatan hari ulang tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini mengusung tema TNI Patriot NKRI pengawal demokrasi untuk Indonesia maju yang mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat mandiri maju dan sejahtera. tema ini kita angkat adalah salah satu tantangan besar yang dihadapi bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah adanya pemilihan umum serentak tahun 2024, di mana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil presiden, pemilihan anggota legislatif serta pemilihan kepala daerah secara serentak 548 daerah yaitu pada 34 provinsi 415 kabupaten dan 98 kota madya.
Pelajaran dan kesuksesan demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan untuk menyikapi kondisi tersebut maka para pasukan ini dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan pemilu 2004 dan berlangsung dengan aman damai dan sejuk para peserta upacara yang berbahagia menghadapi struktur luas dan kompleks tidak terlepas dari dua hal yang sangat menentukan yaitu perkembangan teknologi dan sistem pertahanan negara akan hadir untuk terus meningkatkan stabilitas pertahanan yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini sehingga TNI dapat menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern dan mampu berperan aktif serta memiliki daya gentar tinggi di lingkungan strategis di luar negeri, pembangunan dan modernisasi.
Kekuatan TNI saat ini telah dilakukan secara bertahap hal tersebut akan terus dilaksanakan dalam rangka menjaga kesinambungan sesuai dengan kemampuan dan kemampuan negara TNI harus melakukan adopsi inovasi pertahanan dengan kemandirian melalui penguatan industri pertahanan dalam negeri agar tercapainya khusus TNI yang diharapkan. Tingkatkan terus iman dan taqwa, Sapta marga, jaga kemanunggalan rakyat kepada TNI, ikuti pedoman dan aturan, jalin komunikasi dan kerjasama demi tercipta stabilitas nasional, jaga baik nama baik TNI .” Amanat Panglima TNI. Dilanjutkan dengan pergelaran atraksi dan acara lainnya dan dilanjutkan tasyakuran dalam rangka HUT TNI Ke 78 ” Dirgahayu TNI Patriot NKRI ” Pengawal Demokrasi Menuju Indonesia Maju.
Administrator
339 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi