Satgas Saber Pungli Sidak ke Pelayanan Publik Polresta Jambi dan Ditlantas Polda Jambi

Tribratanewsjambi - Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Jambi melakukan sidak ke Polresta Jambi dan Ditlantas Polda Jambi, Rabu (27/9/2023).

Sidak yang dipimpin langsung oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Pol Drs. Jannus Parlindungan Siregar selaku Ketua Pelaksana UPP Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi bersama Asisten Pengawas (Aswas) Kejati Jambi Helena Ocktavianni.

Satgas Saber Pungli dalam sidaknya melakukan pengecekan di beberapa tempat yang pertama adalah di Polresta Jambi. Satu persatu pelayanan publik dilakukan pengecekan, seperti gerai pembuatan SKCK, SIM dan juga tempat pelayanan balik nama surat kendaraan.

Saat ditanya oleh Ketua Pelaksana UPP Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi maupun Aswas Kejati Jambi Kebanyakan masyarakat sedang mengurus SKCK untuk melengkapi berkas penerimaan seleksi P3K ataupun CPNS, termasuk seleksi di Kejaksaan.

Usai dari Polresta Jambi, Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi kemudian menuju ke Ditlantas Polda Jambi untuk melihat langsung pelayanan serta mengecek ada tidaknya pungli disana.

Aswas Kejati Jambi Helena Ocktavianni saat dikonfirmasi oleh awak media mengatakan bahwa Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi telah melakukan pengecekan terhadap beberapa pelayanan publik yang berada di kota Jambi termasuk Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Jambi yang berada di Kota Baru.

"Di MPP pelayanannya sudah berjalan dengan baik, tempatnya juga bagus. Namun sayangnya masih belum maksimal karena ada beberapa tempat atau gerai yang kosong, perlu tata manajemen yang baik lagi," tuturnya.

Dikatakannya, bahwa dari hasil sidak di beberapa instansi tersebut Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi bukan fokus pada mencari temuan atau sebagainya. Namun lebih kepada melihat sudah sampai sejauh mana pelayanan kepada masyarakat. 

"Seperti tadi di Mall pelayanan publik pelayanannya sudah bagus, nyaman, hanya saja tata kelola manajemen harus diperbaiki lagi," ujarnya.

"Termasuk juga di gerai lainnya seperti pelayanan SIM. Tidak ada pungli dan paksaan sebagainya semua cukup memuaskan," tandasnya. 

Salah seorang warga bernama yudi yang ditemui saat membuat SIM di Polresta Jambi menuturkan dirinya lancar-lancar saja mengurus berkas, ikut tes hingga mendapatkan SIM.

" Disini saya tidak menemui orang yang menawarkan kemudahan dalam pembuatan SIM, Jujur Saya Murni mendapatkan SIM ini, " ucap Yudi di hadapan Ketua Pelaksana UPP Satgas Saber Pungli Provinsi Jambi bersama Kapolresta Jambi Kombes Pol Eko Wahyudi. (LAS)

Administrator
336 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi