Keterbatasan Alat dan Medan Yang Berbukit Sulitkan Usaha Petugas Padamkan Kebakaran Lahan

Merangin – Jambi. Meningkatnya kejadian kebakaran lahan di sekitar pemukiman warga yang terjadi sejak awal Agustus hingga September 2023 telah terjadi beberapa kali kejadian khususnya diwilayah hukum Polres Merangin. Hal tersebut tentunya sangat menyibukkan petugas terkait seperti Kepolisian, TNI, Damkar, BPBD, Manggala Agni maupun masyarakat sekitar yang wilayahnya terdampak kebakaran hutan dan lahan.
 
Menyikapi hal tersebut Kapolres Merangin AKBP Ruri Roberto, S.H., S.I.K., M.M., M.Tr., S.O.U selalu menghimbau agar masyarakat waspada akan dampak pemanasan global dan perubahan iklim El Nino yang sedang terjadi serta tidak membuka lahan dan kebun dengan cara membakar (25/09/2023).
 
”Saya berharap agar masyarakat lebih bijak lagi pada saat membuka lahan perkebunan agar tidak dengan cara membakar, mengingat saat ini didaerah kita sedang musim kemarau jangan karena mengikuti ego sendiri akan berdampak negatif bagi masyarakat yang lain”, Ujar Kapolres.
 
Seperti halnya yang terjadi pada Senin (25/09/2023) sekira pukul 15.00 Wib, dimana Kapolsek Jangkat beserta anggota melakukan Groundchek kemunculan Hot Spot di Wilayah Desa Talang Tembago Kecamatan Jangkat Timur. Dimana pada saat dilakukan pengecekan di titik koordinat – E: 101.95161 S: -2.61404 ditemukan lahan +/_ 1 H ( perkiraan ) dalam kondisi terbakar.
 
Selanjutnya Kapolsek Jangkat IPTU Amrullah, beserta anggota yang dibantu oleh Babinsa setempat meninjau lokasi untuk melakukan upaya pemadaman. Upaya pemadaman tersebut dipersulit oleh keterbatasan alat pemadam kebakaran dan sumber air yang jauh serta lokasi perbukitan yang sangat menyulitkan petugas saat akan menjangkau lokasi kebakaran.
 
”Ya, Upaya pemadaman kebakaran terhadap lahan masyarakat yang ada diwilayah jangkat dipersulit oleh keterbatasan alat pemadam kebakaran dan sumber air yang jauh serta lokasi perbukitan yang sangat menyulitkan petugas saat akan menjangkau lokasi kebakaran, namun demikian kami tetap akan melakukan usaha semaksimal mungkin untuk melakukan pemadaman, dan untuk saat ini kami sedang melakukan pendataan terkait pemilik lahan, ” Ujar Kapolsek. Setelah melakukan upaya pemadaman dengan alat yang seadanya, akhirnya personil gabungan berhasil memadamkan api yang membakar lahan milik warga.
Administrator
257 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi