Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Bathin II Babeko Gencar Berikan Sosialisasi

Polres Bungo – Bhabinkamtibmas Bripka Arjunif kembali aktif dalam upaya menjaga lingkungan dan memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat.
 
Kali ini, ia melakukan penyuluhan yang menghimbau warga Desa Sepunggur, Kecamatan Bathin II Babeko, Kabupaten Bungo, untuk menghentikan praktik pembakaran hutan dan lahan yang merusak lingkungan. 26 September 2023
 
Dalam penyuluhan yang berlangsung dengan antusiasme tinggi, Bripka Arjunif menyoroti dua undang-undang utama yang berkaitan dengan masalah ini, yaitu UU RI No 41 tahun 1999 tentang Kehutanan Pasal 78 dan UU RI No 39 tahun 2014 tentang Perkebunan Pasal 108. Ia menjelaskan secara rinci tentang sanksi pidana yang dapat diterapkan terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan, termasuk denda yang tinggi dan hukuman penjara.
“Kegiatan pembakaran hutan dan lahan tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga melanggar hukum.
 
Kami ingin mengingatkan warga agar tidak terlibat dalam tindakan ilegal ini,” kata Bripka Arjunif.
Selain berdampak pada aspek hukum, Bripka Arjunif juga menyoroti konsekuensi serius dari pembakaran hutan dan lahan terkait dengan polusi udara. Ia menjelaskan bagaimana karhutla (kebakaran hutan dan lahan) dapat mengganggu kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya, serta berdampak negatif terhadap ekonomi lokal.
 
Warga Desa Sepunggur sangat menghargai upaya Bripka Arjunif dalam memberikan penyuluhan ini. Mereka menyadari bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama dan bahwa pembakaran hutan dan lahan tidak hanya berdampak pada lingkungan tetapi juga pada kehidupan sehari-hari mereka.
 
Kegiatan penyuluhan ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran warga Desa Sepunggur tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mematuhi hukum yang berlaku. Bripka Arjunif berkomitmen untuk terus mendukung upaya pelestarian lingkungan dan menjaga keamanan serta kesejahteraan masyarakat di wilayah tugasnya
Administrator
297 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi