Kapolda Jambi Hadiri Upacara Bendera Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2023

 

Tribratanewsjambi, Jambi - Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono didampingi Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudhistira menghadiri Upacara Bendera Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2023 yang berlangsung di Kantor Wilayah Badan Pertahanan Nasional Provinsi Jambi, Senin (25/09/23).

Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Sekda Provinsi Jambi H. Sudirman yang dihadiri juga oleh Kakanwil BPN Provinsi Jambi Agustin Iterson Samosir, Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI Supriono, Ka BINDA Jambi Brigjen Pol Irawan Davidsyah dan undangan lainnya.

Menteri ATR/Kepala BPN RI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Sudirman mengajak para kepala daerah untuk membantu masyarakat dengan membebaskan BPHTB pada pendaftaran tanah pertama.

“Hingga saat ini sudah terdapat 118 kabupaten/kota yang membebaskan BPHTB. Terhadap kabupaten/kota yang belum membebaskan, Saya mendorong pemerintah daerah setempat agar dapat segera dilakukan pembebasan BPHTB.”

“Sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan untuk mendaftarkan tanahnya dalam melakukan akselerasi pendaftaran tanah,” harap Hadi Tjahjanto.

Kementerian ATR/BPN, kata Hadi Tjahjanto juga mendorong pendaftaran tanah bagi masyarakat hukum adat yang ditempuh melalui skema pendaftaran tanah secara komunal. Seperti yang diterapkan di provinsi Sumatera Barat dan provinsi Papua.

Skema pendaftaran secara komunal, tambah Hadi Tjahjanto akan menjadi model dalam pensertipikatan tanah. Kementerian ATR/BPN juga mendorong pendaftaran tanah terhadap tanah dan rumah-rumah ibadah. Seperti gereja, masjid dan lain-lain yang dilakukan tanpa terkecuali, tanpa diskriminasi.

Sehingga umat-umat beragama dapat beribadah dengan tenang sebagaimana yang dijamin dalam konstitusi. Kementerian ATR/BPN juga terus memberikan dukungan terhadap pembangunan Ibukota Nusantara, dimana telah menyelesaikan 9 materi teknis.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol. Mulia Prianto mengatakan kehadiran Kapolda Jambi sebagai wujud sinergitas Polda Jambi dan BPN dalam bidang agraria di Jambi.

"Selamat Hari Lahir UUPA dan Hari Tata Ruang Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2023, semoga makin maju," terang Kombes Pol Mulia Prianto

Ditambahkan Kombes Pol. Mulia Prianto, Polda Jambi siap bersinergi dan kolaborasi dalam membantu program- programnya, Kementerian ATR/BPN sehingga dapat memberikan manfaat terbaik bagi masyarakat.(LAS)

 

Administrator
479 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi