Operasi Zebra 2023 Polda Jambi Ungkap Ribuan Pelanggaran Lalu Lintas

Jambi, 18 September 2023* – Operasi Zebra 2023 yang digelar oleh Polda Jambi selama dua pekan, mulai dari tanggal 4 hingga 17 September 2023, telah mengungkapkan sejumlah pelanggaran lalu lintas yang masih marak terjadi di wilayah ini.

Operasi Zebra 2023 Polda Jambi menetapkan delapan sasaran prioritas dalam upaya meningkatkan kesadaran berlalu lintas di masyarakat. Sasaran-sasaran tersebut meliputi:

1. Menggunakan ponsel saat berkendara.
2. Pengendara ranmor yang berusia di bawah batas umur yang diizinkan.
3. Tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan safety belt.
4. Berkendara dalam pengaruh alkohol.
5. Pengendara melawan arus.
6. Melebihi batas kecepatan.
7. Angkutan batubara yang melebihi batas tonase serta pelanggaran jam operasional.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jambi, Kombes Pol Dhafi, menjelaskan bahwa dalam delapan sasaran prioritas tersebut, terdapat beberapa jenis pelanggaran yang sering terjadi, yaitu:

– Tidak menggunakan helm SNI.
– Angkutan barang yang melanggar batas maksimum muatan.
– Pengemudi dan/atau penumpang mobil yang tidak menggunakan safety belt.

Menurut Kombes Pol Dhafi, tidak menggunakan helm SNI pada pengendara sepeda motor, angkutan barang yang melanggar batas muatan, serta pengemudi atau penumpang mobil yang tidak menggunakan safety belt, dapat membahayakan keselamatan dalam berlalu lintas.

Selama pelaksanaan Operasi Zebra 2023 Polda Jambi, petugas berhasil menerbitkan sebanyak 4.206 tilang dan memberikan 6.924 teguran kepada para pelanggar. “Totalnya, terdapat 11.130 pelanggaran yang terungkap selama Operasi Zebra 2023 berlangsung,” ujar Kombes Pol Dhafi pada hari Senin (18/9).

Meski Operasi Zebra 2023 telah berakhir, Dirlantas Polda Jambi mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa meningkatkan disiplin dalam berlalu lintas dan mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan. Kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan dan menjaga keselamatan semua pengguna jalan.

Administrator
919 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi