Polisi Bersama TNI Berjibaku Padamkan Api di Tahura

Personel Polsek Ma Bulian bersama petugas Satgas Karhutla, Relawan RAPI serta TNI berhasil memadamkan api yang melalap sebuah Hutan Tahura Kelurahan Sridadi Kecamatan Ma Bulian, Minggu Sore (17/09/2023).

Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto SIK melalui Kapolsek Ma Bulian AKP M Faisal Siregar SH melalui mengatakan, kejadian diketahui melalui laporan masyarakat kepada Bhabinkamtibmas. Polsek Ma Bulian Aiptu Budi Heri Sukoco.

“laporan kebakaran hutan diketahui melalui masyarakat,” ucap Kapolsek Ma Bulian, Senin Pagi (18/09/2023).

Kemudian lanjutnya, Bhabinkamtibmas Polsek Ma Bulian Aiptu Budi Heri menghubungi Satgas Karhutla Ma Bulian, yang kemudian direspon Tim dengan membawa perlengkapan damkar ke lokasi terjadinya Kebakaran.

“Gerak Cepat Tim Terpadu Dalam menanggulangi Karhutla kami apresiasi, bersama dengan masyarakat setempat lakukan pemadaman,” tutur AKP Faisal.

Proses pemadaman dilakukan dengan menggunakan alat pemadam api berupa alat semprot dan alat pemadaman lainnya. Personel Polsek dan Satgas bersama masyarakat bekerja sama untuk memastikan bahwa api benar-benar berhasil dipadamkan dan tidak ada sisa-sisa api yang masih bisa memicu kebakaran, sebut AKP Faisal lagi.

Selain itu, petugas juga melakukan upaya penyebaran air untuk meredam suhu di sekitar area yang terkena kebakaran. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan adanya kepulan asap atau bara yang bisa membuat api kembali membesar.

Kerja sama dan koordinasi yang baik antara anggota Polsek dan petugas Satgas Karhutla memainkan peran yang penting dalam proses pemadaman tersebut. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, tambahnya.

Kapolsek menjelaskan, setelah api berhasil dipadamkan, petugas Polsek dan Tim tetap berjaga di lokasi untuk memastikan bahwa tidak ada api yang kembali muncul.

Kami mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam membuang puntung rokok atau menggunakan api terbuka di lingkungan yang rawan kebakaran, terutama di lahan kosong. Selain itu, mereka juga mengingatkan warga untuk segera melaporkan kejadian yang mencurigakan atau melihat adanya tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran, harapnya.

Keberhasilan penanganan kebakaran ini menjadi bukti nyata bahwa kerja sama antara petugas Polsek dan Tim serta masyarakat sangatlah penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat. Diharapkan kejadian serupa tidak akan terulang kembali di masa mendatang, pungkasnya.(ind)

Administrator
263 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi