Tim Gabungan Cepat Tangani Kebakaran Lahan Kebun di Desa Pelawan Jaya, Kabupaten Sarolangun

Sarolangun, 8 September 2023* – Tim gabungan yang terdiri dari Personel TNI, Polri, Manggala Agni, dan Pemadam Kebakaran merespons cepat laporan mengenai kebakaran lahan kebun di Dusun Limau Kapas, Desa Pelawan Jaya, Kecamatan Singkut, Kabupaten Sarolangun. Kejadian ini terjadi pada Jumat (8/9/2023) dan berhasil dipadamkan dengan sigap.

Kapolres Sarolangun, AKBP Imam Rachman, S.IK, melalui Kapolsek Pelawan Singkut, AKP Amran, mengonfirmasi peristiwa tersebut. Pihak kepolisian mendapatkan informasi dari masyarakat sekitar pukul 09.30 WIB mengenai kebakaran lahan kebun di depan Gedung SD N 227 Desa Pelawan Jaya, Kecamatan Singkut.

“Personel Polsek Pelawan Singkut segera melakukan pengecekan ke lokasi tersebut, di mana api merambat ke lahan belukar, mengakibatkan kebakaran. Kami langsung menghubungi Babinsa, Damkar Singkut, Tim Satgas Manggala Agni, dan Pemerintah Desa Pelawan Jaya untuk melakukan pemadaman,” ungkap AKP Amran.

Kebakaran tersebut dipicu oleh pembakaran sampah oleh pihak Sekolah SD N 227 Desa Pelawan Jaya. Luas lahan kebun yang terbakar diperkirakan sekitar seperempat hektar. Beruntung, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Lahan yang terbakar dimiliki oleh H. Herman. Proses pemadaman melibatkan 6 unit kendaraan pemadam kebakaran, dan pada pukul 10.45 WIB, api berhasil dipadamkan.

Kapolsek Pelawan Singkut, AKP Amran, berharap agar kejadian serupa tidak terulang dan mengingatkan masyarakat untuk tidak membakar sampah saat musim kemarau, terutama di dekat lahan. Ia menambahkan bahwa saat ini merupakan musim kering akibat fenomena El Nino dan kurangnya curah hujan, sehingga risiko kebakaran lebih tinggi.

“Mari kita bersama-sama menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya kebakaran yang dapat merugikan banyak pihak,” tutup Kapolsek AKP Amran.

Administrator
354 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi