Kapolda Jambi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2023

Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono memimpin apel gelar pasukan “Operasi Zebra 2023” di lapangan apel Mapolda Jambi, Senin (04/09/2023).

 

Operasi Zebra 2023 ini digelar serentak selama 14 hari mulai Senin 4 September 2023 esok hingga 17 September 2023 mendatang.

 

Operasi Zebra tahun ini mengangkat tema ‘Kamseltibcarlantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024’. Tema yang diusung adalah persiapan jelang Pemilu Damai 2024.

 

Ada 8 prioritas pelanggaran lalu lintas yang menjadi target pada Operasi Zebra 2023 diantaranya adalah Menggunakan ponsel saat berkendara,Pengendara ranmor dibawah umur, Berboncengan lebih 1 orang, Tidak menggunakan Helm SNI dan tidak menggunakan Safety Belt, Berkendara dalam pengaruh Alkohol, Pengendara melawan arus, Melebihi batas kecepatan dan Angkutan batu bara melebihi batas tonase serta pelanggaran jam operasional.

 

Kegiatan apel gelar pasukan “Operasi Zebra 2023” ini diikuti oleh Gubernur Jambi yang diwakili Asisten pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jambi Arif Munandar, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, Kabinda Jambi Brigjen Pol Irawan Davidsyah, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi Nugroho Setiadi, yang mewakili Kajati Jambi, Perwakilan Jasa Raharja Jambi, Pejabat Utama Polda dan Korem 042 Gapu Jambi.

 

Kapolda Jambi dalam amanatnya mengatakan bahwa dilaksanakannya apel gelar pasukan ini adalah sebagai pengecekan bahwa telah siap untuk menggelar Operasi Zebra 2023 di wilayah Provinsi Jambi. 

 

"Kita sudah siap dengan sumber daya manusianya, kita sudah siap dengan sumber daya anggarannya, kita siap dengan sarana- prasarananya dan juga kita telah siap dengan bagaimana kita cara bertindak di dalam Operasi Zebra itu sendiri," ujarnya. 

 

Tujuan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2023, disampaikan dia, dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. 

 

"Bagaimana dapat menurunkan kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan dan fatalitas korban yang diakibatkan dari kecelakaan itu sendiri. Lalu, bagaimana kita dapat menurunkan angka pelanggaran di bidang lalu lintas tentunya dengan memahami tujuan utama ini," sebutnya. 

 

Apabila tujuan utama ini dapat dicapai, lanjut Kapolda, bersama-sama maka akan melihat wajah lalu lintas yang kondusif, wajah lalu lintas yang tertib. 

 

"Tentunya ini akan berdampak dan berkontribusi terhadap aktivitas politik tahun 2024 akan berkontribusi terhadap tertib dan damainya pelaksanaan dari pada pesta demokrasi tahun 2024," tuturnya. 

 

Ia menegaskan, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, laksanakan tugas dengan penuh kehormatan, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab 

 

"Jangan berkhianat terhadap tugas yang diamanahkan kepada kita semua. Tunjukkan kita dapat melaksanakan tugas dengan baik, sehingga kita dapat mewujudkan situasi lalu lintas yang lebih kondusif," tuturnya. 

 

Dalam Operasi Zebra 2023 ini, Kapolda Jambi sendiri tidak ingin mendengar ada siapapun yang memanfaatkan Operasi Zebra 2023 hanya untuk kepentingan pribadi. (LAS).

Administrator
409 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi