"Polres Tebo Kembali Menjadi Tuan Rumah: Tim Penelitian dari Stik Ptik Polri Bahas Pemanfaatan Media Sosial dalam Penguatan Partisipasi Publik di Era Masyarakat 5.0 untuk Pemeliharaan Kamtibmas"

Tebo, 30 Agustus 2023- Langkah inovatif kembali diambil oleh Polres Tebo dalam menghadapi tantangan kamtibmas di era digital. Tim penelitian dari Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (Stik Ptik) Polri berkunjung ke Polres Tebo untuk membahas pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai sarana penguatan partisipasi publik dalam ruang siber, terutama dalam konteks masyarakat 5.0. Tema ini menjadi fokus diskusi guna meningkatkan upaya pemeliharaan kamtibmas.

 

Delegasi dari Stik Ptik Polri diterima dengan hangat oleh jajaran pimpinan Polres Tebo. Diskusi yang berlangsung intens ini menghasilkan pemahaman mendalam tentang peran media sosial dalam mendukung partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan di dunia maya. Dalam era masyarakat 5.0, di mana teknologi semakin merasuk dalam kehidupan sehari-hari, kolaborasi antara aparat kepolisian dan masyarakat sangatlah penting.

 

Kapolres Tebo Akbp I Wayan Arta Ariawan melalui Kasi Humas Polres Tebo Akp Suprayitno mengungkapkan, "Pemanfaatan media sosial sebagai sarana penguatan partisipasi publik memiliki potensi besar untuk membantu polisi dalam memantau dan menanggapi situasi kamtibmas secara cepat. Dalam era di mana informasi dapat menyebar dengan cepat melalui internet, kami perlu menjaga kehadiran positif kami dalam dunia maya."

 

Tim penelitian Stik Ptik Polri membawakan hasil riset terkini dan contoh praktik terbaik dari berbagai daerah. Mereka menyampaikan berbagai strategi untuk berinteraksi dengan masyarakat melalui media sosial, termasuk cara efektif dalam menyebarkan informasi, merespons pertanyaan dan keluhan masyarakat, serta mengidentifikasi potensi gangguan kamtibmas dalam ruang siber, Ujar Kasi Humas

 

Pada kesempatan ini kapolres Tebo menyambut baik kolaborasi ini. "Kami menyadari bahwa pemanfaatan media sosial tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sebagai kanal penting untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian. Kami berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi demi menjaga kamtibmas dan kenyamanan warga."

 

Dengan semakin kompleksnya ancaman di dunia siber, sinergi antara kepolisian dan lembaga pendidikan seperti Stik Ptik Polri menjadi kunci dalam menghadapi tantangan ini. Diharapkan, melalui diskusi ini, Polres Tebo dapat lebih efektif dalam mengembangkan strategi pemanfaatan media sosial yang cerdas, sehingga partisipasi aktif masyarakat dapat ditingkatkan, dan pemeliharaan kamtibmas tetap optimal di era Masyarakat 5.0 yang penuh dengan dinamika digital, Tutup Kasi Humas.

Administrator
594 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi