Sat Reskrim Polres Merangin berhasil Amankan Tiga Pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) Di Dua Lokasi Berbeda

Merangin – Jambi, Sat Reskrim Polres Merangin pada Selasa (08/08/2023) sekira pukul 16.00 Wib, berhasil ungkap kasus Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Trans C-2 Desa Sungai Kapas Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin.

Dalam ungkap kasus tersebut 3 orang pelaku berhasil diamankan dari dua lokasi yang berbeda, masing-masing berinisial DS (53) dan IS (20) yang keduanya merupakan warga Trans C-2 Desa Sungai Kapas Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin sedangkan seorang lagi berinisial AM (49) yang merupakan warga Desa Mampun Rejo Kecamatan Pamenang Barat Kabupaten Merangin. Ketiganya ditangkap di dekat Sungai Kapas Kecamatan Bangko Kabupaten Merangin.

Peristiwa penangkapan tersebut bermula saat didapat informasi adanya orang yang memungut setoran terkait akitifitas penambangan emas tanpa izin (PETI) untuk anggota, berbekal informasi tersebut akhirnya Tim melakukan penyelidikan hingga akhirnya berhasil mengamankan tersangka dan menyita barang bukti selanjutnya tersangka dan barang bukti langsung diamankan ke Polres Merangin untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Kapolres Merangin AKBP Ruri Roberto, S.H.,S.I.K.,M.M.,M.Tr.S.O.U saat dikonfirmasi awak media membenarkan perihal penangkapan tersebut, dan menerangkan bahwa untuk Tersangka dan barang bukti sekarang ini sudah diamankan di Polres Merangin.

“Benar, kita telah mengamankan tiga pelaku PETI dari dua TKP berbeda, hal tersebut merupakan komitmen saya untuk bersama-sama dengan masyarakat dan Forkopimda dalam mengatasi permasalahan PETI yang sudah lama terjadi ini“. Ujar Kapolres.

Akibat dari perbuatannya ketiga pelaku terancam melanggar Pasal 158 UU RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara dengan ancaman diatas 5 tahun penjara.

Administrator
565 1
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi