Patroli Darat Terpadu Satgas Karhutla Dilakukan di Kecamatan Berbak

Tim Terpadu melaksanakan Patroli Darat Terpadu oleh Satgas Karhutla di Desa Telago Limo, RT 01 Dusun 3, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjabtim, Pada Minggu, 02 Juli 2023, .

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan Karhutla. Patroli ini dilakukan oleh berbagai instansi dengan jumlah personil sebagai berikut: Polri: 3 personel, TNI: 2 personel, Manggala Agni: 1 personel, BPBD: 2 personel, Damkar: 1 personel.

Selama patroli, tim memberikan sosialisasi kepada warga tentang tindakan yang harus dilakukan jika menemukan sumber api, yaitu segera memadamkannya dan melaporkan ke petugas Karhutla atau Polsek Berbak. Selain itu, juga dilakukan sosialisasi kepada pemilik lahan untuk menjaga sumber air agar tetap tersedia. Himbauan juga diberikan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar dan untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, terutama saat musim kemarau.

Hingga saat ini, belum ditemukan titik api selama patroli berlangsung. Personil yang terlibat tetap siap siaga untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Polsek Berbak.

Dengan adanya patroli darat terpadu ini, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan proaktif dalam mencegah terjadinya Karhutla. Kerjasama antara instansi terkait juga menjadi kunci dalam menjaga keamanan lingkungan dan melindungi sumber daya alam dari ancaman kebakaran.(c)

Administrator
301 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi