Polisi Patroli di Perkebunan Warga untuk Pencegahan Karhutla

Bhabinkamtibmas (BKTM) Kota Raja, Polsek Muara Sabak Timur, Polres Tanjung Jabung Timur, Bripka Syaiful Anwar, melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di perkebunan warga. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran yang bisa merusak lingkungan dan merugikan masyarakat.

Dalam patroli tersebut, Bripka Syaiful Anwar memberikan sosialisasi kepada warga mengenai tindakan yang harus dilakukan jika melihat sumber api. Warga diimbau untuk segera memadamkan api dan memberikan informasi kepada petugas Karhutla atau Polsek setempat. Langkah ini penting untuk memastikan respon cepat dalam penanganan kebakaran dan mencegah meluasnya api.

Selain itu, petugas juga memberikan sosialisasi kepada pemilik lahan untuk menjaga sumber air agar tetap tersedia. Upaya ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan air dalam memadamkan api apabila terjadi kebakaran.

Bripka Syaiful Anwar juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Metode pembakaran lahan seringkali menjadi penyebab utama terjadinya Karhutla. Dengan memberikan himbauan ini, diharapkan masyarakat dapat mencari alternatif cara membuka lahan yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Selain itu, masyarakat juga diingatkan untuk berhati-hati saat merokok, terutama saat ini yang sudah memasuki musim kemarau. Masyarakat diminta agar tidak membuang puntung rokok sembarangan dan memastikan bahwa puntung rokok yang dibuang sudah benar-benar padam. Tindakan sederhana ini dapat mencegah terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh puntung rokok yang masih menyala.

Dengan adanya patroli pencegahan Karhutla dan sosialisasi yang dilakukan oleh Bripka Syaiful Anwar, diharapkan masyarakat dapat lebih aware dan bertanggung jawab dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Kolaborasi antara petugas dan masyarakat sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan serta melindungi keselamatan dan kesejahteraan masyarakat.(c)

Administrator
334 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi