Gelar Pasukan Ops Patuh Siginjai Tahun 2023 Polres Batang Hari

Polres Batanghari mulai hari ini Senin 10 Juli menggelar Operasi Patuh Siginjai hingga 24 Juli 2023. Hal ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan tertib berlalulintas.

Tak hanya di Polres Batanghari, Operasi Patuh yang digagas Korlantas Polri ini dilaksananakan diseluruh Indonesia, dengan mengusung tema “Patuh Dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa”.

Operasi Patuh Siginjai di Polres Batanghari ditandai dengan apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres Batanghari AKBP Bambang Purwanto SIK, di halaman Mapolres.

Menurutnya, apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Adapun target Operasi Patuh meliputi melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan HP saat mengemudi, tidak menggunakan helm, menggunakan kendaraan tidak menggunakan sabuk, melebihi batas kecepatan serta berkendara di bawah umur dan tidak memiliki SIM.

Selanjutnya sepeda motor berboncengan lebih dari satu penumpang, kendaraan roda empat tidak memenuhi layak jalan, kendaraan tidak dilengkapi dengan STNK, melanggar marka jalan.

AKBP Bambang Purwanto mengatakan, pada umumnya, kecelakaan lalu lintas diawali dengan terjadinya pelanggaran tata tertib dan peraturan berlalu lintas. Masyarakat sebenarnya sangat memahami resiko apabila melakukan pelanggaran lalu lintas.

Namun pelanggaran lalu lintas telah menjadi sesuatu hal yang dianggap biasa oleh sebagian masyarakat. Dimana tingkat kesadaran akan kepatuhan terhadap peraturan berlalu lintas masih tergolong rendah.

“Kita menyadari, bahwa dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas tersebut, kita tidak bisa berdiam diri, bahkan kita wajib melakukan berbagai upaya untuk menciptakan Kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif,” kata AKBP Bambang.(c)

Administrator
288 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi