Polda Jambi Himbauan Masyarakat Untuk Hati-Hati Tindak Pidana Perdagangan Orang

 

JAMBI – Sulitnya mencari pekerjaan dan tergiur dengan upah yang cukup besar untuk bekerja diluar negeri membuat masyarakat dengan mudahnya tertipu akan suatu ajakan dari agen-agen perekrutan TKI ( Tenaga Kerja Indonesia ).

Tak jarang agen yang membawa para pekerja tidak melalui prosedur yang benar dan menggunakan dokumen palsu atau dipalsukan, pelaku berupaya mengelabui petugas agar dapat memperoleh paspor dan dapat bekerja ke luar negeri.

Mereka yang bekerja diluar negeri tanpa melalui prosedur yang berlaku kerap kali menjadi korban TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang)

Para korban terkadang tidak menyadari bahwa mereka adalah korban dari TPPO, ketika korban telah merasakan terekploitasi dan mendapatkan ancaman-ancaman yang menyudutkan, barulah mereka menyadarinya.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol. Mulia Prianto melalui Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Jambi turut menghimbau kepada masyarakat Jambi agar tidak mudah terpengaruh akan adanya iming-iming pekerjaan diluar negeri.

” Kita berharap masyarakat Jambi khususnya tidak mudan terpengaruh dengan ajakan atau tawaran dari orang-orang yang menjanjikan pekerjaan diluar negeri dengan persyaratan yang mudah dan iming-iming upah yang besar. ” Ucap Mas Edy pada Kamis, (15/06/2023)

Dirinya mengatakan bahwa masyarakat harus bisa melihat dan menanyakan dengan baik kepada agen yang menawarkan apakah mereka ilegal atau telah memiliki izin resmi, jika mereka ilegal kemungkinan besar akan berujung menjadi TPPO.

” Sangat besar harapan kami dari Pihak Kepolisian Daerah Jambi agar masyarakat dapat berhati-hati dan memperhatikan saudara-saudaranya ketika mendapatkan tawaran pekerjaan, jika masyarakat Jambi mendapatkan adanya informasi terkait TPPO segera laporkan kepada pihak kepolisian terdekat agar bisa diselidiki lebih lanjut. ” himbau Mas Edy

Administrator
297 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi