Polda Jambi gelar kegiatan Silaturahmi Kebangsaan Suku Dayak Kalimantan Tengah dan Suku Anak Dalam (SAD) di Pamenang, Kab. Merangin

JAMBI - Polda Jambi gelar kegiatan Silaturahmi Kebangsaan Suku Dayak Kalimantan Tengah dan Suku Anak Dalam (SAD) di Pamenang, Kab. Merangin pada Jum'at, (23/06/2023).

Kegiatan silaturahmi ini dilaksanakan, guna memperkokoh Kebhinnekaan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77. Pada kesempatan kali ini Polda Jambi melalui Satbrimob Polda Jambi turut mengawal dan melaksanakan kegiatan silaturahmi kebangsaan ini.

Pada kegiatan tersebut turun langsung mendampingi rombongan yaitu, Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol. Andreas Wayan Wisaksono, Dansat Brimob Polda Jambi Kombes Pol. Nadi Chaidir, Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Jambi AKBP Wan Agus Hendrawijaya, Kapolres Merangin AKBP Dewa Ngakan Nyoman Arinata.

Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono, melalui Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol. Mulia Prianto menjelaskan, setiba di pemukiman Suku Anak Dalam di Kec. Pamenang, rombongan diterima dengan hangat dan disambut dengan tradisi Suku Anak Dalam.

Dari pihak SAD yang menyambut yaitu Tumenggung Datuk Ngandum, Tumenggung Ganta, Tumenggung Yudi, Tokoh SAD Makekal Pengendum Tampun dan SAD sebanyak 50 orang.

" Suku Anak Dalam sangat senang menyambut kedatangan rombongan Polda Jambi, yang membawa Suku Dayak Kalimantan Tengah ke tempat tinggal mereka, setiba di sana para Temenggung langsung menyambut dengan mengalungkan Sebalik Sumpah kepada ketua rombongan. " Ucap Kabid Humas.

Kabid Humas Polda Jambi juga menyampaikan, bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa semakin mempererat rasa persaudaraan antar suku, walau berbeda pulau dan berbeda budaya serta saling berjauhan namun ketika bertemu semua adalah saudara.

Pada kesempatan tersebut, Dansat Brimob Polda Jambi langsung mempersilahkan Suku Dayak untuk berbincang dan bertukar budaya bersama Suku Anak Dalam Jambi.

" Dengan adanya pertemuan dan silaturahmi kebangsaan ini, Suku Dayak memberikan pesan-pesannya kepada SAD agar sebagai warga suku untuk tidak malu dan tidak menutup diri dengan saling menghormati adat istiadat, serta mengajak SAD untuk dapat membangun daerahnya tanpa meninggalkan adat kebudayaan dengan mengajak anak- anak untuk bersekolah. " Jelas Kabid Humas.

Suku Anak Dalam menerima dengan baik pesan-pesan tersebut, para temenggung SAD juga turut menyampaiakan bahwa SAD di tempatnya tidak akan menutup diri dan mau belajar dan menyekolahkan anak-anaknya, namun memang butuh dukungan dari pihak pemerintah termasuk Polri yang sering mengajak anak-anak mereka untuk belajar bersama.

" SAD juga senang dengan kehadiran Polri di tengah-tengah mereka, saat ini juga telah ada 3 anak SAD yang menjadi anggota Polri, dan mereka berharap kedepannya ada anak-anak mereka yang bisa menjadi Polri lagi. " Ujar Kabid Humas.

Diakhir kegiatan silaturahmi, dilakukan pemberian sembako dari Kapolda Jambi untuk warga SAD, dan ditutup dengan menari bersama antar kedua suku agar semakin mempererat rasa persaudaraan.
Selain kegiatan silaturahmi Satbrimob Polda Jambi juga menyediakan pengecekan kesehatan secara gratis di pemukiman SAD.

Administrator
606 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi