Kapolda Jambi Ikuti Apel Siaga Darurat Penanganan Bencana Kekeringan dan Karhutla Provinsi Jambi di Makorem 042 Gapu

Kapolda Jambi Irjen Pol Drs. Rusdi Hartono MSi mengikuti Apel Siaga Darurat Penanganan Bencana Kekeringan dan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi Tahun 2023 dilaksanakan di Lapangan Hijau Korem 042/Gapu, Senin (08/05/2023).

Apel tersebut dipimpin oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris S.Sos, M.H dan dihadiri oleh Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono SIP MM, Kajati Jambi, Pejabat Utama Polda Jambi,  Para Kasi Korem 042/Gapu,  Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jambi, Kadis Provinsi Jambi , Kepala Biro Umum Provinsi Jambi, Kepala BMKG Jambi, Kepala Daops Manggala Agni Wilayah Jambi, Kepala Basarnas Jambi, Kepala Pelaksana BPBD Se-Provinsi Jambi , Ka Kwarda Pramuka Jambi, Ketua PMI Provinsi Jambi, Ketua SENKOM Jambi, Ketua ORARI Jambi, Komandan Gakum Sumatera (SPORC),Pimpinan PT. WKS Jambi

Pada pelaksanaannya, Gubernur Jambi menyematkan pin pelaksana tugas kepada Danrem 042/Gapu  sebagai Komandan Satgas Penanganan bencana kekeringan dan Karhutla yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan dan kelengkapan sarana penanganan karhutla dan kekeringan 

Gubernur Jambi dalam amanatnya menyampaikan selamat kepada Danrem 042/Gapu selaku pelaksana harian karhutla provinsi Jambi dan berikan apresiasi kepada unsur pemerintah forkopimda terkait dan seluruh peserta apel siaga.

“ Semoga dengan dilaksanakan apel ini, semakin meningkatkan koordinasi dan stabilisasi kita dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi, dan saya harap akan terjalin dengan baik semangat bersamaan seluruh pemangku kepentingan, lintas sektoral, untuk mewujudkan penanggulangan karhutla di Provinsi Jambi,” pesan Gubernur Jambi.

Orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi Jambi ini menambahkan bahwa kebakaran hutan mengakibatkan berbagai dampak negatif yang luar biasa seperti kerusakan ekologis, menurutnya keadaan keanekaragaman hayati perubahan iklim serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan mengganggu aktivitas transportasi darat laut dan udara.

“Bahkan pada tahun 2016-2019 Kita pernah merasakan dampak yang sangat buruk darri kebakaran hutan dan lahan,” Ujarnya.

Selain menimbulkan kerugian material berupa terbakarnya lahan-lahan produktif dan kawasan hutan termasuk lahan gambut , yang mestinya terjaga kondisi tutupannya juga menyebabkan merebaknya penyakit khususnya infeksi saluran pernapasan akut, serta terganggunya berbagai aktivitas kehidupan manusia.

“Agar Kejadian tersebut tidak terulang maka kita harus terus siaga dan waspada kita harus berupaya mengantisipasi berbagai kemungkinan sejenis mungkin sehingga peristiwa kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi lagi di seluruh wilayah di Provinsi Jambi atau setidaknya kemudian meminimalisir luasan dan dampaknya, Diharapkan satgas bekerja maksimal dalam pencegahan dan penanganan karhutla , cepat tanggap terhadap titik api , potensi dini titik rawan hotspot , tetap utamakan kesehatan dan keselamatan dalam bertugas,” Kata Gubernur Jambi Al Haris.

Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono melalui Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol. Mulia prianto menyebutkan bahwa Polda Jambi siap untuk menurunkan personelnya untuk melalukan patroli dan siaga melakukan pencegahan terhadap karhutla.

” Polri tentunya bersinegritas bersama TNI, Pemerintah dan instansi terkait lainnya untuk terus siaga dan waspada apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, seluruhnya berupaya mengantisipasi potensi dan pemicu apapun agar meminimalisir luasan dan dampaknya, ” Ucap Kabid Humas Polda Jambi.(LAS)

Administrator
482 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi