Polsek Air Hitam Tengahi Konflik warga dengan SAD

Sarolangun – Menindak lanjuti permasalahan yang terjadi antara Warga Desa Baru Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun dengan Warga SAD yang tinggal sementara atau biasa disebut Melangun di desa tersebut, di mana warga setempat keberatan dengan keberadaan SAD, menurut penuturan perwakilan warga desa Baru, SAD sering melakukan pencurian buah sawit milik warga, Warga ingin pihak SAD meninggalkan desanya dan berjanji tidak melakukan pencurian apabila melangun di desanya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Polsek Air Hitam segera tanggap dan gerak cepat ambil langkah untuk mempertemukan kedua belah pihak di kegiatan FGD (focus Group Discusion) pada Senin sore kemarin (16/1) di Polsek Air Hitam, alhasil kegiatan berjalan mulus tanpa hambatan, kedua belah pihak menemukan kata sepakat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Air Hitam Iptu Yurizal, Camat Air Hitam Edison, S.Kom, wakapolsek Ipda Saripudin, Kades Desa Baru Ade. Ahmad Kausari Ketua BPD desa Baru Ade Muallim Jenang SAD Sdr.Jalal, serta Perwakilan Warga baru

Dalam kesempatan tersebut di awal pembukaan musyawarah, Kapolsek Air Hitam Iptu Yurizal menyampaikan kepada seluruh peserta Musyawarah, agar musyawarah ini bisa berjalan tertib dan menghasilkan Solusi yg terbaik.
“Saya mengharapkan kepada seluruh peserta musyawarah agar nantinya berjalan dengan tertib, permasalahan antara kedua belah pihak ini dapat segera selesai sehingga tidak menimbulkan konflik sosial dikemudian hari” begitu ucapnya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Jenang SAD Sdr.Jalal dan TOMAS SAD Sdr.H.Jaelani juga menyampaikan pendapatnya. Apabila terjadi pencurian buah sawit lagi agar Masyarakat memfoto atau memvideokannya agar bisa dijadikan bukti ke Lembaga Adat, sehingga si Pelaku (Warga SAD) dapat dihukum berdasarkan hukum Adat,

Diakhir musyawarah, dapatlah keputusan bersama yaitu agar seluruh peserta musyawarah turun kelapangan untuk menemui kelompok SAD yg sedang Melangun/tinggal sementara di lokasi Sei.Nilo mati Desa Baru Kec.Air Hitam.

Setelah usai pelaksanaan Musyawarah peserta Musyawarah langsung ke Lapangan bertemu dengan Tengganai Melamun (orang SAD yang dituakan dalam kelompok SAD tersebut
dan berjanji dalam 1 Minggu (setelah anak menantunya melahirkan) dia beserta kelompok SAD-nya akan meninggalkan lokasi Melangun tersebut serta Tengganai Melamun juga berjanji selama 1 Minggu itu sebelum kelompoknya pindah, akan menjaga kelompoknya agar tidak melakukan hal-hal yang dapat memancing/memprovokasi warga Desa Baru sehingga menimbulkan konflik sosial.

Kapolsek Air Hitam mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam permasalahan ini kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif
“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah kecamatan, pemerintah desa, jenang dan Tomas serta warga SAD yang sedang melangun, kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif” tutupnya.(c)

Administrator
396 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi