petugas berhasil menemukan dan mengamankan 5 (lima) unit rakit dompeng yang sedang tidak beroperasi di Desa Penapalan

Jajaran Polres Tebo gencar lakukan kegiatan penertiban terhadaap aktivitas PETI ( Penambangan Emas Tanpa Izin). Kegiatan ini dilakukan di Dusun IV Desa Penapalan Kecamatan Tengah Ilir, Kamis (15/12/22).

Penertiban tersebut dipimpin oleh Kapolsek Tengah Ilir Akp Jhon R. Sinaga bersama Anggotanya dan Sekdes Penapalan serta perangkat desa. Aksi penertiban ini sesuai dengan Bupati Tebo No 540 /549 / Setda/PSDAAP/2022 tentang larangan melakukan penambangan emas tanpa izin (PETI) dalam wilayah kabupaten Tebo.

Dalam penertiban ini, sedikitnya petugas berhasil menemukan dan mengamankan 5 (lima) unit rakit dompeng yang sedang tidak beroperasi. Terkait hal tersebut, Kabag Ops Polres Tebo Kompol Dhadag Anindito, SH , S.I.K, MH membenarkan kegiatan tersebut.

Dirinya mengatakan dalam penertiban tersebut petugas menemukan Satu Mesin NS warna merah, 2 buah paralon, 2 buah Spiral, 1 selang penyedot, 1 buah dulang dan 1 buah Baskom.

“Iya petugas menemukan 5 unit rakit dompeng yang sudah tidak aktif atau beroperasi. Anggota juga mengamankan beberapa barang bukti yang ada di lokasi,”ujar Kompol Dhadhag.

Setelah mengamankan, petugas melakukan pemusnahan temuan barang bukti di lokasi berupa 5 unit rakit yang langsung disaksikan oleh para perangkat desa.

“Setelah diamankan beberapa barang bukti, sisanya kita lakukan pemusnahan yang dilakukan bersama dengan perangkat desa,”jelas Kabag Ops.

Diakhir, Ia menuturkan anggotanya juga memberikan himbauan serta sosialisasi terhadap para perangkat desa dan masyarakat disekitar tentang larangan PETI.

“Kami harap dengan kegiatan ini masyarakt dapat memahami bahwa aktivitas PETI ini aksi yang Ilegal yang melanggar aturan. Siapapun yang terlibat kita akan kenakan sanksi hukum seusai aturan yang berlaku,”pungkas Kabag Ops.(c)

Administrator
556 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi