Kiat Kapolres Bungo Cegah Terjadinya pelanggaran Anggota

Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram terus berupaya, untuk meningkatkan kinerja anggota dalam hal menjaga citra Polri, sekaligus menjamin kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh kepolisian.

AKBP Wahyu Bram menceritakan, karena baru bertugas bulan Juli 2022 kemarin maka, seluruh anggota perlu diberikan berbagai penekanan serta atensi. Polisi harus bisa menjadi pelindung dan pengayom masyarakat.

Maka dari itu, saat kunjungan ke Mapolsek semua anggota, selalu diingatkan supaya saat bertugas benar-benar itu, dijalankan dengan hati yang tulus. Karena masyarakat sangat butuh ketenangan, kedamaian, dan kejelasan setiap persoalan yang dialami.

“Jadi setiap saya berkunjung ke Mapolsek, anggota saya ingatkan kalau setiap Polsek itu ada sejarah berdirinya. Maka dari itu, semua anggota wajib mengetahui kenapa harus ada Polsek di daerah tersebut tentu, ada sejarahnya,” ungkap AKBP Bram yang selalu bersahaja.

Bram menceritakan, semua anggota yang bertugas di setiap Polsek wajib tahu bisa berdiri kokoh Polsek itu, pasti ada peran dan sumbangsih dari semua masyarakat di wilayah tersebut. Kalau lah warga tak butuh dengan Polri tentu Polsek tak akan berdiri.

“Dari hasil silaturahmi dengan para tokoh masyarakat di wilayah hukum Polsek yang ada di jajaran Polres Bungo, tidak sedikit masyarakat yang membantu agar Polsek berdiri, mulai dari diserahkan untuk bangun Polsek, tenaga dan juga pemikiran,” ungkap Bram.

Jadi kata Bram, jangan sekali-kali anggota menyakiti hari masyarakat karena mereka harus benar-benar mendapat pelayanan dan perlindungan, sehingga Kamtibmas tercipta dengan nyata bukan hanya slogan belaka. Tapi benar-benar diimplementasi dalam menjalankan tugas.

“Baru saja bertugas di kabupaten Bungo saya sudah menekankan kepada anggota agar upaya pencegahan benar-benar nyata dilaksanakan. Jadi aspek pencegahan itu, benar-benar nyata dirasakan oleh warga di wilayah hukum Polsek,” ucap Bram.

Lebih jauh Bram menegaskan, pencegahan itu bagaimana seseorang tidak menjadi jahat atau tak terlibat tindakan melanggar hukum. Tentu semua perlu sentuhan yang lembut dan rasa kekeluargaan agar semua tugas mulia ini berjalan dengan baik serta bisa diterima oleh masyarakat.

“Kalau lah kita bisa memahami mengapa seseorang tersebut melakukan kejahatan, tentu ada faktor-faktor yang mendorong. Nah dari situ, kita bisa melakukan peran aktif seorang Polisi, kuncinya hanya satu bila kita sentuh dengan hati yang ikhlas maka tugas akan menjadi mulia di mata masyarakat,” harapnya.(c)

Administrator
418 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi