Dengar Warganya Sakit, Kapolsek Limun Segera Pergi Menjenguk dan Salurkan Bantuan Sosial.

-

Polres Sarolangun – Kapolsek Limun AKP Adi Prayitno pernah mengatakan ruang lingkup tugas kepolisian bukan hanya dalam bidang Kamtibmas, namun segala aspek dalam kehidupan masyarakat. Suka dan duka warga adalah bagian daripada individu Polri yang terlahir dari masyarakat.

Mendengar salah satu warganya di Desa Muata Limun yang sedang dirawat di dirumahnya, dikarenakan keterbatasa. Biaya, Kapolsek beserta personilnya langsung menyempatkan diri membesuk warganya tersebut, Jumat (02/12/2022).

“Membesuk warga yang tengah sakit sebagai bentuk kepedulian dan jiwa dalam memberikan pengayoman, pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat. Dan semoga dapat diikuti oleh personil Polri lainnya,” tutur Kapolsek Limun.

Dia juga mengatakan bahwa inilah kewajiban dan tanggung jawab orang yang sehat untuk bisa lebih perhatian dan memberi motivasi kepada orang yang sakit agar cepat sembuh. Sikap sosial antar individu tak dapat dipisahkan dalam kehidupan di dunia.

Sebelum beranjak dari tempatnya, Kapolsek berdoa agar pasien cepat diberikan kesembuhan dan kembali beraktifitas seperti biasanya.

Kepedulian Kapolsek Limun yang menjenguk warganya yang sakit termasuk amal shalih yang paling utama yang dapat mendekatkan kita kepada Allah Ta’ala, kepada ampunan, rahmat dan Surga-Nya.

Mengunjungi orang sakit merupakan perbuatan mulia, dan terdapat keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar, dan merupakan salah satu hak setiap muslim terhadap muslim lainnya.

Rasulullah shallallahu alahi wassallam bersabda:

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Selain itu hendaknya orang yang membesuk mendoakan orang yang sakit: “Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Alloh.” (HR. al-Bukhari).

Atau doa: “Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud)

Perlu diketahui bahwa ciri seorang muslim bila terkena musibah maka ia bersabar, karena dengan sifat sabar itulah Allah Azza wa Jalla akan menghapus dosa-dosa hambanya.

“Dari Ummu Al-Ala’, dia berkata :”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjenguk-ku tatkala aku sedang sakit, lalu beliau berkata. ‘Gembirakanlah wahai Ummu Al-Ala’. Sesungguhnya sakitnya orang Muslim itu membuat Allah menghilangkan kesalahan-kesalahan, sebagaimana api yang menghilangkan kotoran emas dan perak”. (HR. Abu Daud).

Wasiat yang ada dihadapanmu ini disampaikan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tatkala menasihati Ummu Al-Ala’ Radhiyallahu anha, seraya menjelaskan kepadanya bahwa orang mukmin itu diuji Rabb-nya agar Dia bisa menghapus kesalahan dan dosa-dosanya.

Administrator
528 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi