Bhabinkamtibmas Polsek Ma Sebo Ilir Sosialisasi Bahaya Karhutla di Desa Danau Embat

Batanghari – Sudah kita ketahui bahwa saat ini musim kemarau telah tiba dan situasi saat ini juga rentan bisa terjadi bencana kebakaran terlebih kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dampaknya sangat tidak baik lingkungan dan kesatuan. Dalam mengantisipasi terjadi (Karhutla), Polres Batanghari dan jajarannya terus mengedepankan sosialisasi dengan turun langsung ke masyarakat.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pada Jumat (14/10/2022), Bhabinkamtibmas Polsek Ma Sebo Ilir Aipda Radiansyah melakukan sambang wilayah binaannya yang bertempat di Desa Danau Embat, Kecamatan Ma Sebo Ilir Kabupaten Batanghari guna melakukan sosialisasi kepada warganya tetang kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Saat melakukan himbauan Aipda Radiansyah mengingatkan kepada warganya agar tidak membakar hutan dan lahan bahwa dengan peralihan musim penghujan ke musim kemarau yang saat ini sudah terasa dan menyusul kurangnya intensitas hujan dalam beberapa hari ini di Wilayah Kecamatan Ma Sebo Ilir, Tidak hanya itu saat melakukan himbauan Aipda Radiansyah juga menegaskan kepada warganya yang mempunyai lahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar baik itu pertanian maupun perkebunan karena dapat menyebabkan banyak kerugian materil, korban nyawa dan gangguan kesehatan akibat asap kebakaran.

Sementara itu di tempat terpisah, Kapolsek Ma Sebo Ilir Iptu Heriyanto SH menegaskan bahwa pelaku pembakar lahan dapat di jerat dengan Pasal 78 ayat 3 Undang-undang Republik Indonesia nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, dengan ancaman penjara dan denda Rp. 5 miliar.

“Untuk itu saya mengimbau mari kita jaga lingkungan sekitar tempat tinggal kita, agar tidak membakar lahan dan hutan yang salah satu dampaknya bisa menyebabkan inpeksi saluran pernafasan akut (ISPA) bagi kita dan anak-anak kita” tutupnya. (Joko/Ndra)

 

Administrator
18561 1924
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi