Antisipasi Kericuhan Saat Pilkades, Polres Tanjab Timur Gelar Simulasi Pengamanan

Jambi - Kepolisian Resor (Polres) Tanjab Timur dibawah kepemimpinan Kapolres Akbp Andi Muhammad Ichsan Usman melaksanakan kegiatan simulasi peragaan pengamanan desa di lokasi tempat pemungutan suara (TPS) dan pengawalan kotak suara pada pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun 2022, yang akan digelar serentak 12 Oktober mendatang.

Pelaksanaan simulasi di lapangan Bupati Kab. Tanjab Timur pada, Rabu (28/09/2022) tersebut dihadiri Kapolres Tanjab Timur, Akbp Andi Muhammad Ichsan Usman, Dandim 0419 Tanjab, Ketua DPRD Kab. Tanjab Timur, Perwakilan Bupati Tanjab Timur, PJU Polres dan Para Kapolsek Jajaran serta unsur Forkompimda.

Kapolres Tanjab Timur, Akbp Andi Muhammad Ichsan melalui Kasi Humas, Akp Darpin menyampaikan, kegiatan simulasi peragaan pengamanan dan pengawalan kotak suara Pilkades tahun 2022 di wilayah hukum Polres Tanjab Timur merupakan gambaran persiapan Polres Tanjab Timur dalam melaksanakan Pengamanan Pilkades Serentak.

"Kegiatan Simulasi Pilkades ini kita lakukan dalam rangka persiapan menghadapi Pilkades serentak yang akan berlangsung pada 12 Oktober mendatang, "ujar Kasi Humas. 

Lebih lanjut Kasi Humas mengatakan, di setiap kegiatan Simulasi Pilkades ataupun Pemilu pasti dalam skenario kesuksesannya adalah pelaku bisa diamankan dan kotak suara dikawal dengan aman dan baik. Namun fakta di lapangan tidak semudah itu, dimana beberapa pelaksanaan Pilkades di Kabupaten lain tidak berjalan seperti yang diinginkan. Contohnya seperti terjadi perebutan kotak suara, yang disalahkan pasti Polri karena dinilai tidak siap. 

"Oleh sebab itu kita sebagai anggota Polri harus memahami tugas pokok dan fungsi masing masing di lapangan, dan menguasai data desa yang akan dilakukan pengamanan. Sehingga apabila terjadi gangguan pelaksanaan Pilkades kita tidak ragu untuk mengambil tindakan tegas, "ucap Akp Darpin. 

Ditambahkan Akp Darpin, setiap selesai tahapan pungutan suara pasti ada saja pihak yang tidak puas dan akan melakukan gugatan secara mekanisme hukum, bahkan melakukan aksi anarkis yang bisa mengganggu Kamtibmas. Maka dari itu sedini mungkin setiap personil harus mengantisipasi hal tersebut dan jangan menganggap remeh setiap kejadian sekecil apapun di lapangan. 

"Mari kita doakan semoga Pilkades tanggal 12 Oktober mendatang di wilayah Kabupaten Tanjab Timur bisa berlangsung dengan aman dan kondusif, "pungkas Kasi Humas. 

 

Penulis : Maulana

Editor : Wirmanto

 

maulana
308 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi