Jadi Narasumber Lokakarya Kesehatan, Ini Yang Disampaikan Kabid Dokkes Polda Jambi

Jambi - Kepala Bidang (Kabid) Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Jambi Kombes Pol. Yolie Diana Koesnin menjadi narasumber kegiatan Lokakarya Kesehatan Reproduksi Perempuan Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jambi pada, Kamis (15/09).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Garuda Putih Rumah Sakit Bratanata Jambi ini dihadiri oleh Ketua harian BKOW Provinsi Jambi, Dra. Hj. Ekawati, Ketua I BKOW Prov Jambi, DR. Ratnawati, Sekertaris Umum Nurjanah, dan peserta kegiatan berjumlah 25 orang.

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto melalui Kasubbid Penmas, Kompol Mas Edy saat dikonfirmasi awak media mengatakan, dalam kesempatan ini Kabid Dokkes menyampaikan materi tentang strategi penanganan kasus kekerasan seksual pada perempuan melalui pemahaman kesehatan reproduksi perempuan. 

"Bentuk kekerasan terhadap perempuan ini terdiri dari kekerasan fisik (melukai, menyiksa, menganiaya), kekerasan psikis (mengganggu atau menekan emosi seseorang), kekerasan seksual (memaksa berhubungan intim), dan kekerasan financial (mengambil dan menahan barang seseorang serta tidak memberikan kebutuhan finansial), "ucap Kompol Mas Edy. 

Lebih lanjut, dalam materinya Kombes Pol Yolie menyampaikan kekerasan terhadap perempuan dapat berdampak fatal berupa kematian, upaya bunuh diri dan terinfeksi HIV/AIDS. Selain itu, kekerasan terhadap perempuan juga dapat berdampak non fatal seperti gangguan kesehatan fisik, kondisi kronis, gangguan mental, perilaku tidak sehat serta gangguan kesehatan reproduksi. 

"Banyak dampak fatal maupun non fatal yang ditimbulkan akibat tindak kekerasan terhadap perempuan, dan semuanya menurunkan kualitas hidup perempuan, "ujar Kompol Mas Edy. 

Ditambahkan Kompol Mas Edy, cara pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan terhadap perempuan bisa kita lakukan dengan 

1. Menyebarluaskan produk hukum tentang pelecehan seks di tempat kerja, memberi perempuan tentang penjagaan keselamatan diri dan melaporkan tindak kekerasan pada pihak berwenang;

2. Melakukan penyuluhan untuk pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan;

3. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam menangani kasus kekerasan terhadap perempuan.

"Kami harap para peserta dapat memahami dan mengerti apa yang kami sampaikan, semoga tidak ada lagi tindakan kekerasan terhadap perempuan, "pungkas Kompol Mas Edy. 

 

Penulis : Maulana

Editor : Wirmanto

maulana
3094 170
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi