Polres Sarolangun Groundcheck Hotspot Yang Terpantau Pada Dashboard Asap Digital Polda Jambi

Jambi- Memasuki musim kemarau, sangat rawan terjadinya becana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sejumlah hot spot (titik panas) terpantau melalui satelit yang diinformasikan langsung ke Posko Polsek Sarolangun melalui Dashboard Asap Digital Polda Jambi, aplikasi yang merupakan gagasan Kapolda Jambi. Minggu (14/08/2022).

Kapolres Sarolangun AKBP Anggun Cahyono, melalui Wakapolsek Ipda Riki Oswan menerima pemberitahuan dari Posko Karhutla Polsek Sarolangun bahwa terdapat Hotspot dengan Confidence (Tingkat Kepercayaan) Medium dengan lokasi yang berada di Desa Lidung Kecamatan Sarolangun.

Wakapolsek langsung berangkat menuju TKP bersama personel Polsek Sarolangun dan bergabung dengan tim BPBD, Koramil 420 dan MPA di Kecamatan Sarolangun.

Diketahui, lokasi hotspot tersebut berada di Desa Lidung Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun dengan koordinat Bujur : 102°42’21.48485 dan Lintang : -2°14’42.62876

Wakapolsek Ipda Riki Oswan mengatakan, dalam melaksanakan Groundcheck Hotspot, tim bersinergi dengan stakehorder Karhutla, tim sampai di titik panas dimaksud.

“Sekitar 1 Ha yang terbakar, hari ini kami melakukan pendinginan dengan mematikan bara api yang masih menyala pada tunggul-tunggul sisa pembakaran,” ujarnya.

Untuk selanjutnya, Wakapolsek dan Tim akan melakukan pemasangan police line atau garis polisi serta menyelidiki pelaku pembakaran.

“Polri akan tindak tegas bagi siapa saja yang terbukti dengan sengaja membakar hutan dan lahan sesuai undang-undang yang berlaku. Upaya penyelidikan juga akan kami lakukan untuk mengetahui pelaku pembakaran ini,” ungkapnya.

Setelah melakukan pendinginan, tim yang terdiri dari TNI-Polri, BPBD dan MPA melakukan briefing serta melaksanakan patroli dan Sosialisasi Karhutla secara bersama, mengingat musim kemarau ini sangat rentan terjadinya kebakaran.

karniati
35276 2467
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi