Cegah Penyebaran PMK, Bhabinkamtibmas Gunung Raya Himbau Warga Pantau Kesehatan Ternaknya

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PKM) pada hewan ternak di berbagai wilayah di Indonesia turut menjadi perhatian berbagai pihak. Salah satunya institusi Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Jum’at (22/06/2022). Baru-baru ini, Kepolisian Sektor (Polsek) Gunung Raya mengerahkan anggotanya untuk memantau perkembangan penyebaran PMK di wilayahnya.

 Kapolres Kerinci, AKBP Patria Yuda Rahadian, S.I.K., M.I.K melalui Kapolsek Gunung Kerinci Iptu Hustoto mengatakan, jajaran Bhabinkamtibmas bersama Unit Binmas Polsek Gunung Raya menyampaikan, kepada para peternak agar memantau kondisi kesehatan hewan ternaknya dengan lebih teliti.

“Harapannya, para peternak dapat menangkal wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi, yang saat ini sedang menjangkiti ribuan sapi di sejumlah wilayah di indonesia,” kata Iptu Hustoto.

 

“Bila menemukan tanda-tanda atau gejala di mulut dan kuku pada sapi, segera melaporkan ke mantri hewan terdekat atau dinas peternakan, untuk dilakukan pemeriksaan supaya cepat penanganannya,” pesannya.

 

Untuk mencegah penyebaran wabah PMK dan penyakit lainnya, mengimbau para peternak untuk memisahkan sapi sakit dengan sapi lainnya yang sehat.

 

“Jajaran Bhabinkamtibmas rutin menyambangi peternakan, baik siang maupun malam hari. Dengan harapan para peternak selalu menjaga kebersihan kandang dan memperhatikan pakan ternak dengan baik. Sehingga hewan ternak dapat terhindar dari wabah yang saat ini sedang menjangkiti,” imbuhnya.

Indra
13260 1613
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi