Jadi Khotib Jum’at Kasat Binmas Polres Batanghari Sampaikan Hikmah Ibadah Qurban

Batanghari – Kasat Binmas Polres Batanghari Iptu RD Ikhsani menjalani aktivitas rutinnya setiap pekan untuk melaksanakan Safari Jumat. Minggu ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Mesjid Al Furqon RT 06 Kelurahan Teratai Kecamatan Ma Bulian Kabupaten Batanghari, Jumat (17/06/2022).

Kasat Binmas yang diamanahkan untuk menjadi khatib Jumat di masjid tersebut, menyampaikan isi khutbahnya yang bertema “Berkurban, Cermin Insan Bertakwa”.

Perwira dengan Pangkat Dua Balok itu menyampaikan ada lima hal yang dapat dijadikan hikmah dalam ibadah kurban, diantaranya belajar untuk ikhlas.

“Berkurban merupakan perbuatan mulia yang mencerminkan kualitas takwa manusia. Namun, hakikat berkurban dalam era milenial hendaknya semakin dipahami, sehingga tidak terjerumus karena kurangnya pemahaman akan ilmu agama. Misal, berkurban kemudian diunggah di sosial media dengan harapan orang lain memberikan tanda like sehingga akan menimbulkan rasa ujub serta riya,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan bahwasanya berkurban bukanlah ajang pamer amalan dan kekayaan, namun kurban adalah bentuk pengabdian manusia kepada Allah SWT.

Hikmah yang kedua adalah belajar mengikuti tuntunan Nabi Muhammad saw, seperti umur hewan yang dikurban harus masuk kriteria hewan musinnah atau hewan ternak yang sudah dewasa.

“Untuk kambing minimal satu tahun, dan sapi minimal dua tahun,” ungkapnya.

Selanjutnya hikmah yang ketiga adalah belajar untuk bersedakah harta, dan hikmah yang keempat adalah belajar untuk meninggalkan larangan walaupun sementara waktu.

Dan terakhir, hikmah yang kelima adalah belajar untuk rajin berzikir, karena dalam ibadah kurban diwajibkan untuk membaca bismillah dan disunahkan bertakbir saat menyembelih hewan kurban.

Seusai melaksanakan ibadah salat Jumat, Kasat Binmas Iptu RD Ikhsani bersilaturahmi dengan masyarakat. Dirinya mengingatkan masyarakat tentang menjaga kamtibmas di lingkungan tempat tinggal kemudian apabila mendapatkan undangan vaksin, untuk segera hadir.

“Mari bersama kita jaga kamtibmas di lingkungan tempat tinggal dan jangan lupa yang belum vaksin untuk lakukan vaksin,” ucapnya. (Ndra)

Sumber Humas Polres Batanghari

Administrator
2146 166
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi