Kapolres Bungo Buka Latihan Pra Pam Pilkades Serentak dan Ingatkan Anggota Agar Tetap Jaga Netralita

Muara Bungo - Tahapan akhir Pilrio (Kades) di Wilayah Hukum Polres Bungo hanya dalam hitungan Hari, untuk menetapkan personil saat pengamanan Pilrio Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro. S.I.K., M.H. membuka sekaligus memberikan arahan dalam Lat Pra Pam di Aula Polres Bungo, Sabtu (28/5/2022).

Turut hadir dalam kegiatan latprapam Pilrio 2022 Pejabat Utama dan anggota yang terseprin dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro. S.I.K., M.H, mengatakan kegiatan ini dalam rangka Latihan Pra Pengamanan Pilrio Serentak Kabupaten Bung Tahun 2022 untuk wilayah hukum Polres Bungo ada 42 Dusun (Desa) di 15 kecamatan dan 123 TPS.

Tetap antisipasi situasi yang bersifat kontijensi sehingga tercipta stabilitas politik & keamanan. Kemudian mengharapkan seluruh personel Polres Bungo bersikap netral & bekerja sesuai prosedur / aturan yang berlaku.

Selanjutnya setelah pembukaan oleh kapolres dilanjutkan dengan pendalaman materi oleh Narasumber seperti Kabag Ops AKP Eko Budi Lustiono, S.H., M.H, dan Para Kasat Opsnal.

Dalam paparannya Kabag Ops menyampaikan dasar hukumnya UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI, Perkap Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaaan Kekuatan dalam tindakan Kepolisian, Permendagri Nomor 72 Tahun 2020 tentang Pemilihan Kepala Desa dan Perbup Nomor 5 Tahun 2016 tentang Petunjuk Perda Nomor.4 tahu 2015 Perubahan atas Perda nomor 10 Tahun 2014 tentanf ata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan pemberhentian Rio (Kepala Desa).

Adapun tahapan Pilrio adalah tanggal 3 – 5 April pengumuman DPT, tanggal 13 – 15 Mei Penetapan Calon Rio Dan Penetapan No.Urut Calon, 9 – 11 Juni Masa Kampanye Calon Rio, tanggal 12 – 14 Juni masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye, tanggal 15 Juni 2022 Pungut hitung suara Pilkades.

Setiap satgas / personel yang terseprin dalam pengamanan diharapkan dapat melaksanakan tugas sesuai fungsi & peranan masing-masing dengan penanggungjawab wilayah Kapolsek masing-masing yang akan didukung personel cadangan / patroli skala besar dari Polres Bungo.

Terakhir diharapkan dengan adanya latihan pra pengamanan ini seluruh personel mempunyai gambaran perkembangan situasi serta memahami pola & langkah dalam pengamanan dalam menciptakan stabilitas politik & keamanan. (HPB)

Humas Polres Bungo

Administrator
602 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi