Kapolda dan Forkopimda Jambi saksikan Simulasi Sistem Pengamanan Kota

Jambi - Polda Jambi menggelar simulasi Sispamkota (Sistem Keamanan Kota) yang berlangsung di lapangan Kantor Gubernur Jambi, Kamis (19/5/2022).

 

Kegiatan simulasi Sispamkota ini digelar Polda Jambi dalam rangka menciptakan Sitkamtibmas yang kondusif di Provinsi Jambi.

 

Pantaan dilapangan, Dalam simulasi ini diawali dengan adanya aksi Unjuk Rasa (Unras) sebanyak ratusan massa yang sudah di monitor oleh aparat kepolisian.

 

Dalam situasi itu disimulasikan Unras berlangsung secara damai hingga kemudian berujung anarkis dan terjadi penjarahan toko emas.

 

Kemudian, Petugas kepolisian juga melakukan tugasnya dengan melerai aksi Unras mulai dari secara harmonis hingga Preventif untuk membubarkan massa yang ricuh. 

 

Selain sejumlah personel yang bertugas dalam pengamanan Unras, dalam simulasi ini turut diturunkan dua anjing pelacak K9 Polda Jambi, mobil Water Canon, mobil prajurit Brimob dan senjata gas air mata untuk membubarkan massa. 

 

Saat simulasi Sispamkota ini digelar, tampak Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo bersama Forkopimda Jambi dan Pejabat Utama Polda Jambi menyaksikan kegiatan tersebut.

 

Usai menyaksikan Latihan Sispamkota Kapolda Jambi dihadapan awak media mengatakan latihan sispamkota kota berjalan dengan baik tanpa adanya halangan apapun.

 

"Terimakasih kepada pemerintah provinsi Jambi yang telah memberi izin latihan di objek yang menjadi sasaran Pendemo ini," katanya.

 

Kapolda menyampaikan Latihan ini bertujuan untuk penanganan dasar unjuk rasa mulai situasi kondusif, hingga situasi anarkis.

 

"Latihan rutin dilakukan dan sudah dijadwalkan setiap tahunnya, setiap kesatuan harus ada agenda latihannya. Dan latihannya ada anggarannya kita gunakan untuk latihan ini," kata Kapolda.

 

Selain itu, latihan ini juga bertujuan untuk mengecek apakah alat-alat yang di Miliki Polri masih dapat digunakan atau tidak.

 

"Apabila ada alat yang rusah segera diperbaiki, apabila ada alat yang sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki agar segera dihapus dari aset milik Polri," tegas Kapolda.

 

Dalam simulasi tersebut juga tampak hadir Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Kabinda Jambi Brigjen Pol Irawan David Syah serta Forkopimda lainnya.

Administrator
3194 167
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi