Administrator / 06 Oktober 2023 15:47:24 - Dibaca (163)

Polair Tanjab Barat antisipasi Tindak Pidana Di pelabuhan

Pada malam hari Kamis, 5 Oktober 2023, Pelabuhan Kuala Tungkal menjadi saksi dari pelaksanaan pengamanan yang dilakukan oleh personel Sat Polair Polres Tanjab Barat. Kapolres Tanjab Barat, AKBP Padli, SH., SIK., MH, melalui Kasat Polair AKP Hermanto, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat selama proses bongkar muat kapal barang di pelabuhan.

Pengecekan dan pemantauan aktivitas di sekitar pelabuhan merupakan langkah antisipasi terhadap potensi tindak kejahatan, pelanggaran, dan tindak pidana yang mungkin terjadi terhadap warga pelabuhan. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya menjaga harkamtibmas (keamanan, ketertiban, dan ketentraman masyarakat) serta memberikan himbauan kepada masyarakat pelabuhan, pengangkut barang di kapal, dan pengguna speed boat untuk tetap mematuhi peraturan dan menjaga keselamatan.

Kasat Polair juga memberikan himbauan penting kepada nahkoda kapal barang dan awak kapal yang akan melakukan proses bongkar muat serta kapal penumpang yang akan berangkat. Keselamatan penumpang menjadi prioritas utama, dan mereka diminta untuk melengkapi perlengkapan keselamatan seperti life jacket dan perlengkapan berlayar lainnya. Dalam situasi darurat atau jika terjadi tindak kejahatan, masyarakat diharapkan segera melapor ke kepolisian terdekat atau menghubungi Nomor Polisi Bantuan.

Selama pelaksanaan kegiatan pengamanan tersebut, tidak ditemukan indikasi tindak pidana yang mengarah kepada pelanggaran hukum. Dengan demikian, pengamanan yang dilakukan oleh Sat Polair Polres Tanjab Barat di Pelabuhan Kuala Tungkal berjalan dengan sukses, memberikan rasa aman kepada masyarakat selama proses bongkar muat kapal barang, dan menegaskan komitmen terhadap keselamatan sebagai prioritas utama.

Polda

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138