Gelar Jumat Curhat, Kapolda Jambi Jelaskan Penyebab Kemacetan Angkutan Batubara

Polda Jambi Kembali menggelar acara Jum'at Curhat yang merupakan program Polri dalam rangka mendengarkan kritik, masukan, saran serta curhatan dari para penggiat Media Sosial (Medsos) serta Wartawan.

Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono menghadiri langsung acara Jum'at Curhat yang didampingi Dirlantas Kombes Pol. Dhafi, Dirreskrimum Kombes Pol. Andri Ananta Yudhistira, Kabid Humas Kombes Pol. Mulia Prianto, dan Wadirreskrimsus, AKBP Mohammad Santoso.

Kemudian dihadiri juga oleh para penggiat Medsos, yang tergabung dalam Asosiasi Media Sosial dan Siber Indonesia (AMSINDO), bertempat disalah satu cafe di Kawasan Danau Sipin, Jum'at (03/2/23).

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Jambi menyampaikan kehadiran Media sosial dan Media Online saat ini cukup pesat, sehingga informasi yang didapat oleh masyarakat bisa dilihat dari berbagai media, baik itu media sosial, media online, ataupun Whatsapp.

Irjen Pol. Rusdi Hartono berpesan dalam bemedsos kita harus bijak, jangan sampai kita justru ikut menyebarkan informasi yang belum tentu benar, sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat. 

Tidak hanya itu saja, Jenderal Bintang Dua tersebut mendengarkan masukan terkait permasalahan yang menjadi polemik di masyarakat, yaitu kemacetan yang kerap terjadi disebabkan angkutan truk batu bara. 

Dikatakan Kapolda, terkait angkutan truk batu bara yang menjadi problem tersebut, karena tidak sesuainya kuota yang keluar dari mulut tambang dan masuk ke stockpile yang ada, sehingga di jalan terjadi kemacetan.

" Itu terjadi karena daya tampung di pelabuhan bongkar muat angkutan batu bara tidak sesuai dengan yang masuk, sehingga harus menunggu antrian di jalan dan menimbulkan kemacetan, " ujarnya, Jum'at (03/2/23).

Selain itu perusahaan juga masih banyak yang tidak memiliki lahan parkir (Kantong parkir) yang memadai, yang seharusnya angkutan batu bara tersebut bisa parkir menjelang giliran bongkar muatan harus parkir di bahu jalan, sekolah, pasar dan tempat-tempat lainnya. 

" Kita harus tegas dalam penerapan itu, sehingga kedepannya tidak terjadi kemacetan di jalan, " lanjutnya. 

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menambahkan, tidak akan menjadi polemik di masyarakat jika angkutan batu bara tersebut bisa diurai dan ditata dengan baik. 

Alumni Akpol angkatan 1991 tersebut juga mengatakan, terkait beberapa permasalahan lainnya seperti illegal drilling, minning dan fishing, Kapolda Jambi mengungkapkan Polda Jambi terus melakukan patroli di masing-masing wilayah, Polres-polres yang ada di jajaran Polda Jambi.

Selanjutnya, terkait permasalahan kebakaran hutan dan lahan yang ada di Provinsi Jambi, kita juga telah melakukan sosialisasi dan pencegahan sebelum terjadinya Karhutla.(S)

Administrator
432 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi