Percepatan Vaksinasi Anak, 29 Perwira Polres Bungo Diterjunkan Langsung Ke Sekolah

Muara Bungo. Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro menerjunkan 29 para perwiranya untuk mendukung pendampingan percepatan vaksinasi anak. Mereka disebar ke 29 sekolah dasar yang capaian vaksinasinya belum maksimal.

“Saat ini kita menyasar ke sekolah-sekolah yang capaian vaksinasinya masih terbilang minim. Untuk mendukung percepatan kita mengerahkan para perwira di Polres untuk melakukan pendampingan melekat. Sehingga pelaksanaan vaksinasi bisa direncanakan dengan efektif, terukur, terarah. Kegiatan mereka mendapat dukungan penuh dari pemangku sekolah, tenaga pengajar, terutama dukungan dari para wali murid. Sudah kita kerahkan semenjak Sabtu,” kata Guntur Saputro, Minggu (20/2).

Guntur menjelaskan, para perwira bersama jajaran Polsek diterjunkan membantu akselerasi capaian vaksinasi anak di 29 sekolah dasar yang tersebar di empat kecamatan di sekitar Kota Muara Bungo.

Dari hasil rapat koordinasi teridentifikasi beberapa faktor penyebab tidak maksimalnya program vaksinasi di 29 SD tersebut. Antara lain lantaran masih rendahnya kesadaran wali murid, kurang maksimal peran guru mendorong vaksinasi kepada murid dan wali murid, ketakutan siswa terhadap jarum suntik, dan belum adanya regulasi mengikat kewajiban vaksin bagi anak 6-11 tahun.

Kepada para perwira yang ditugasi mendukung percepatan vaksinasi anak bersama jajaran polsek terkait ke 29 SD sasaran, diminta untuk berusaha menyamakan persepsi narasi tentang pentingnya optimasi vaksinasi anak kepada pemangku sekolah dan tenaga pengajar.

Diharapkan juga, para perwira ditunjuk bisa mengawasi secara melekat dan melakukan intervensi humanis dengan cara berkomunikasi intensif dengan bahasa yang mudah dimengerti, humanis kepada orangtua murid. Termasuk di antaranya melalui fasilitas Group Whatsap Komite Sekolah.Dengan komunikasi dan koordinasi yang terjalin, perwira pendamping bersama manajemen sekolah membuat jadwal vaksinasi untuk anak-anak yang belum divaksin secara terencana, cepat dan efektif. “Kalau kekurangan tenaga kesehatan vaksinator bisa dikoordinasikan dengan Dokkes Polres Bungo,” tandas Guntur Saputro.(HPB)

 

Administrator
604 0
Get In Touch

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138

07417550100

ibidhumas.jambi@polri.go.id

Follow Us
Berita Foto

© Polda Jambi. All Rights Reserved. Design by Humas Polda Jambi