Administrator / 14 Juni 2024 10:29:59 - Dibaca (300)

Polres Muaro Jambi Ikuti Kegiatan Edukasi Pengendalian Karhutla di Universitas Jambi

Polres Muaro Jambi mengikuti Pelaksanaan kegiatan edukasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lapangan sepak bola Universitas Jambi Kampus Mendalo Indah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas Jambi bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Komda Jambi dengan tema “Learning & Training to Improve Knowledge and Awareness in Forest Fire Management." Rabu, 12 Juni 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, di antaranya Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Helmi, S.H., M.H., Gubernur Provinsi Jambi yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Muhtamar Hamdi, S.E., M.E., Danrem 042/Gapu Jambi yang diwakili oleh Kasi Ops 042/Gapu Jambi Kolonel Inf Ibnu Suharmanto, Kapolda Jambi yang diwakili oleh Kasubdit Gakkum Dit Samapta Polda Jambi Kompol Yanepi, S.H., M.H., Kapolres Muaro Jambi yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Muaro Jambi AKP Marwiansyah, S.H., M.H., Ketua BMKG Provinsi Jambi Ibnu Sulistiono, Pasi Ops Korem 042/Gapu Mayor Inf Toni, Kapolsek Jaluko AKP Ojak P. Sitanggang, S.H., Danramil Jaluko Kapten Inf Julian Timur, Kabag Umum Universitas Jambi Jonly Boy Roring, S.H., M.H., BPBD yang diwakili oleh Kasi Tanggap Darurat Lailatul Qodar, dan Manggal Agni yang diwakili oleh Agus Susilo. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh para mahasiswa dan perwakilan PT. WKS, sekitar 100 orang.

Kapolres Muaro Jambi, AKBP Wahyu Bram, S.H., S.I.K., M.I.K., menyatakan bahwa partisipasi Polres dalam kegiatan ini adalah bagian dari komitmen mereka untuk melindungi lingkungan dan memastikan keamanan serta kesejahteraan masyarakat. "Kami berupaya untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya pencegahan Karhutla," ujarnya.

Dalam acara ini, para peserta mendapatkan pengetahuan praktis tentang teknik-teknik pencegahan kebakaran, cara penanganan jika terjadi kebakaran, serta dampak negatif dari Karhutla bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Selain itu, disampaikan juga pentingnya kerjasama antara pihak kepolisian, pemerintah, dan masyarakat dalam upaya pencegahan ini.
 
Kegiatan edukasi ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, akademisi, serta organisasi lingkungan hidup. Mereka semua menyambut baik inisiatif ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara rutin untuk menjaga kelestarian hutan dan lahan di wilayah Jambi.
 
Dengan adanya edukasi ini, diharapkan masyarakat, terutama generasi muda, dapat menjadi agen perubahan yang aktif dalam mencegah dan mengendalikan Karhutla, demi masa depan lingkungan yang lebih baik.
 
Acara dilanjutkan dengan pengecekan peralatan simulasi dan dilaksanakan simulasi pemadaman kebakaran hutan secara gabungan yang disebabkan oleh masyarakat. Susunan simulasi meliputi Patroli Gabungan, Patroli Drone, Temuan Api, Pemadaman Awal, Pemadaman Lanjutan (Drop TRC), Water Bombing, Api Padam (Pick Up TRC), dan Helicopter Standby.
 
Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama. Pengamanan kegiatan dilakukan oleh personel Polsek Jaluko yang dipimpin oleh Kapolsek Jaluko AKP Ojak P. Sitanggang, S.H.

Polda

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138