Administrator / 13 Juni 2024 11:30:07 - Dibaca (102)

Kapolres Sarolangun Deklarasi Desa Anti PETI Saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Sarolangun, Jambi dipusatkan di Desa Moenti Kecamatan Limun, berbagai kegiatan dilaksanakan diantaranya penanaman bibit, penebaran benih ikan dilahan bekas kegiatan Peti serta melakukan deklarasi anti kegiatan penambangan emas Illega (Peti) yang selama ini kegiatan peti sudah merusak lingkungan, Rabu (12/6) pukul 09.40 wib.

Dalam kegiatan tersebut hadir Pj Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakrie M.App, Sc, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.I.K., M.Si, Dandim 0420 / Sarko Letkol Inf. Suyono, S.Sos, Pj. Sekda Kabupaten Sarolangun Ir. Dedy Hendri, M.Si, Kejari Sarolangun di wakili oleh Jaksa Fungsional Herman Tangkas Pangabean, SH, Ketua Pengadilan Deka Diana, S.H., M.H., Ketua DPRD Sarolangun diwakili, Kadis Lingkungan Hidup Kab. Sarolangun Kurniawan, ST dan Kakan Kesbangpol Hudri, M.Pdi

Kegiatan hari ini adalah bentuk sinergitas antara Pemerintah daerah dan TNI-POLRI, Kegiatan PETI menjadi trigger timbulnya erosi yang berdampak bencana. momentum hari ini diharapkan untuk meningkatkan semangat masyarakat, dari Desa Moenti diharapkan akan menular ke desa lainnya untuk menjadi desa Anti Peti dan Desa Tangguh Peti.

Dalam Sambutannya, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.IK, M.Si didampingi oleh Dandim 0420 / Sarko Letkol Inf. Suyono, S.Sos menyebut Kampung anti PETI membutuhkan komitmen bersama untuk merubah pola pikir perekonomian yang merusak lingkungan dengan memperbaiki lingkungan yang menghasilkan inovasi baru.

“Komitmen TNI/Polri adalah mendukung, mendorong dan mendampingi agar kejahatan lingkungan tidak ada lagi di Kab. Sarolangun, dampak kerusakan lingkungan bukan hanya dirasakan saat ini namun juga dirasakan hingga anak cucu kita. Saya berharap desa lain mengikuti langkah yang dilakukan desa Moenti untuk menolak kegiatan PETI dan menjadikan desa merubah kerusakan lingkungan menjadi lahan yang bermanfaat untuk masyarakat yang merupakan salah satu bentuk Inovasi dengan harapan kesejahteraan masyarakat meningkat dan menjamin menurunnya kejahatan dimasyarakat. ” Ujarnya. 

Polda

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138