Administrator / 20 Maret 2024 13:19:40 - Dibaca (135)

Jelang Mudik Lebaran, Sat Lantas Polres Sarolangun Bersama Kementrian Ditjen Hubdat, Dishub, dan TNI Lakukan Ramp Check

Menjelang musim mudik Lebaran, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sarolangun bekerjasama dengan Kementrian Ditjen Hubdat, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melaksanakan ramp check terhadap kendaraan umum yang memasuki Terminal Sri Bulan Sarolangun pada hari Selasa (19/3/2024). Kegiatan ramp check ini dilakukan sebagai langkah pencegahan terhadap kecelakaan lalu lintas.

Ramp check tidak hanya sekadar untuk melakukan penindakan terhadap pelanggaran, tetapi juga merupakan tindakan preventif dengan memeriksa kondisi kendaraan, khususnya bus, di Terminal Sri Bulan Sarolangun. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut layak untuk beroperasi dengan memeriksa rem, klakson, ketersediaan palu pemecah kaca, serta aspek keselamatan lainnya.

Kapolres Sarolangun, AKBP Budi Prasetya, S.IK, M.SI, melalui Kasat Lantas AKP Rio Rinaldi Siregar, S.IK, menjelaskan bahwa kegiatan ini difokuskan pada pemeriksaan microbus dan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) guna mencegah terjadinya kecelakaan.

"Kegiatan ramp check ini bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas serta memastikan bahwa armada bus dalam kondisi aman, nyaman, dan layak untuk beroperasi," ungkap AKP Rio Renaldi Siregar, S.IK.

Selama ramp check dilakukan pemeriksaan terhadap berbagai aspek kendaraan, termasuk ban, rem, lampu sein, lampu depan, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), kelengkapan surat-surat kendaraan, dan lainnya. Dari hasil pemeriksaan, sebagian besar kendaraan dinyatakan aman untuk melanjutkan perjalanan. Para pengemudi juga diperiksa kondisi kesehatannya, dan tidak ditemukan penggunaan obat-obatan terlarang.

"Saat kegiatan ramp check, kami juga memeriksa kelengkapan surat-surat seperti SIM, STNK, dan buku KIR untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut layak untuk beroperasi dan bahwa pengemudinya dalam kondisi sehat," tambahnya.

Kegiatan ramp check ini menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas, serta sebagai upaya preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan, khususnya dalam menyambut musim mudik Lebaran.

 
 
 
 

Polda

Jl. Jend. Sudirman No.45, Tambak Sari, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, Jambi 36138