Wujudkan komitmen Global, Kabidkum Polda Jambi Gelar Sosialisasi PUG

By administrator 29 Agu 2018, 15:24:22 WIB Kegiatan Polda
Wujudkan komitmen Global, Kabidkum Polda Jambi Gelar Sosialisasi PUG

Tribratanews.jambi.polri.go.id – Polda Jambi, Dalam rangka menjabarkan komitmen global terkait penghormatan terhadap HAM, berkaitan dengan kesamaan kesempatan, dan perlakuan bagi laki laki dan perempuan dalam melaksanakan peran politik, sosial dan budaya dalam kehidupan masyarakat  , Kepolisian Daerah Jambi menggelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG), Rabu (29/8/2018) pukul 08.30 Wib.

Bertempat di Aula Lantai IV Mapolda Jambi Sosialisasi ini dihadiri oleh Kabidkum Polda Jambi AKBP MOHAMAD YUDHA SETYABUDI, S.H., S.I.K. dan Tim Sosialisasi Bidkum Polda Jambi serta Peserta sosialisasi PUG yang terdiri dari Perwakilan Personel Polda Jambi dan Polres/ta Jajaran.

Dalam sambutannya Kabidkum menyatakan pengarusutamaan gender merupakan perwujudan komitmen global penghormatan terhadap HAM, berkaitan dengan kesamaan kesempatan, dan perlakuan bagi laki laki dan perempuan dalam melaksanakan peran politik, sosial dan budaya dalam kehidupan masyarakat. pengarusutamaan gender merupakan bagian dari kebijakan nasional sejak dikeluarkannya Inpres Nomor 9/2000 Tentang Pengarus Utamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional.

 

Dengan demikian, melalui sosialisasi ini diharapkan strategi pengarusutamaan gender di lingkungan polri dapat terwujud secara optimal, karena dengan pemahaman yang baik mengenai konsep gender dan pengarusutamaan gender, dan para peserta dapat mengimplementasikan dan mengembangkan ilmu yang didapat agar dapat direalisasikan dalam dinamika pekerjaan yang bersifat aplikatif sehingga tujuan dari pengarusutamaan gender ini dapat dirasakan manfaat oleh semua pihak.

Kita ketahui bahwa Gender adalah perbedaan mengenai peranan, fungsi, & status antara perempuan & laki2 yang bukan berdasarkan pada perbedaan biologis, tapi didasarkan pada relasi sosial budaya yg dipengaruhi oleh struktur masyarakat yang lebih luas.

Sedangkan perbedaan antara Keadilan Gender dan Kesetaraan Gender yaitu jika Keadilan Gender merupakan proses untuk menjadi adil terhadap laki-laki & perempuan” sedangkan kesetaraan gender  yaitu kesamaan kondisi bagi laki-laki & perempuan utk memperoleh kesempatan & hak-haknya sebagai manusia agar mampu berperan & berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosbud, hankam, & kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan.”




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video