Wakapolda Jambi Buka Rakernis Dittahti Polda Jambi dan Jajaran TA 2018

By administrator 08 Nov 2018, 11:32:40 WIB Kegiatan Polda
Wakapolda Jambi Buka Rakernis Dittahti Polda Jambi dan Jajaran TA 2018

Bertempat di Balai Bhayangkara Siginjai, sekitar Pukul 08.00 Wib, Wakapolda Jambi  Brigjen Pol Drs Ahmad Haydar SH, MM membuka Rakernis Dittahti Polda Jambi dan Jajaran Tahun Anggaran 2018 dengan tema "Rakernis Dittahti menuju Personil Polri yang Promoter Dalam Pelaksanaan Tugas Pengamanan Tahanan dan Barang Bukti",  Kamis (8/11/18), dalam kegiatan tersebut dihadiri para PJU Polda Jambi, Karupbasan Provinsi Jambi Armen  dan personel Pengemban fungsi Tahti Polres jajaran.

Wakapolda Jambi dalam arahan dan sambutannya mengatakan Polri sebagai instansi yang bertanggung jawab jawab dalam penegakan hukum guna meningkatkan kepercayaan masyarakat, dituntut untuk melaksanakan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku secara transparan, akuntabel dan humanis serta selalu berupaya melakukan pembenahan, perbaikan dan peningkatan pelayanan, sebagaimana arahan dan harapan pimpinan Polri agar menjadi Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya.

“Untuk itu Direktorat Tahti sebagai pelaksana tugas hasil penegakkan hukum agar selalu berusaha meningkatkan kualitas dan profesionalisme personelnya melaksanakan tugas yaitu pengawasan pengamanan, penjagaan, perawatan tahanan juga perawatan dan pengelolaan barang bukti beserta administrasi pelaporan,” ujar Wakapolda Jambi.

Dengan adanya rakernis ini diharapkan mampu mendapatkan hasil yang maksimal dengan tujuan untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan pelaksanaan tugas sesuai dengan bidang masing-masing instansi dalam mengimplementasikan perundang-undangan dan standar operasional prosedur (sop) tentang pengurusan tahanan dan pengelolaan barang bukti sehingga semakin dipahami oleh seluruh petugas pelaksana serta dapat dilaksanakan secara benar dan tepat.

“Saya selaku Wakapolda Jambi mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan dan peserta Rakernis yang telah berkenan hadir dan mengikuti acara rakernis Dittahti Polda Jambi TA 2018. semoga ilmu yang diterima selama pelaksanaan rakernis ini dapat bermanfaat dan diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” tutur Wakapolda Jambi.

Wakapolda Jambi kemudian menyebutkan enam arahan kepada peserta Rakernis Dittahti Polda Jambi dan Jajaran diantaranya,

1. Lakukan koordinasi dan pendataan yang akurat dengan pihak terkait sehingga tercipta sinkronisasi yang baik dalam pendataan barang bukti maupun dalamPengurusan tahanan;

2. tingkatkan kemampuan individu anggota di lapangan dengan melakukan pelatihan yang sifatnya teknis maupun aplikatif dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang profesional dan proporsional

3. Tegakkan disiplin dengan memperhatikan Hak Azasi Manusia (HAM);

4. Meningkatkan pengawasan terhadap barang bawaan pada jam besuk tahanan;

5. Pemenuhan hak-hak perawatan dan pemeliharaan atas tahanan;

6. Tanggap dan merespon dengan cepat apabila ada hal-hal yang menyangkut kerawanan situasi di rumah tahanan.

penulis Lilik Adhi